Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)? Bagaimana Tips SEO Menaikkan Traffic?

SEO merupakan strategi bisnis digital langkah optimasi website anda agar berada pada paling atas pada mesin pencarian, terutama pada Google tanpa dipungut biaya sepeser pun atau bisa dikatakan gratis. SEO ini menjadi salah satu hal terpenting bagi website yang anda miliki. Apalagi jika anda menggunakan website anda tersebut sebagai sarana penghasil uang.

SEO dengan SEM tentu jelas berbeda. SEO memang mengandalkan kata kunci yang digunakan di mesin pencarian terbanyak secara gratis, maka dari itu anda harus konsisten dalam membuat SEO ini, Semakin SEO baik, maka website anda akan semakin berada di atas halaman pertama pada bagian mesin pencarian. Sedangkan SEM,  platform yang menggunakan iklan berbayar dengan sejumlah biaya yang ada pada Google Ads. Sehingga website atau iklan anda akan segera muncul

Cara Kerja SEO

Crawling

Mesin pencarian memiliki web crawler atau biasa disebut dengan spiderbots yang berfungsi untuk mengumpulkan sekumpulan informasi agar halaman website dapat teridentifikasi dan di indeks.

Indexing

Tahapan ini akan dilakukan jika informasi telah dikumpulkan oleh web crawler. Selanjutkan halaman website akan ditambahkan di mesin pencarian yang telah di indeks. Jadi setiap orang yang menuliskan suatu kata kunci di mesin pencarian, maka mesin pencari tersebut akan mengambil website yang telah diindeks.

Ranking

Hasil dari mesin pencarian pada web akan menghasilkan website yang telah diindeks dengan menggunakan urutan website yang paling relevan. Website yang paling relevan akan berada pada urutan paling teratas daripada web lainnya.

Search Engine Optimizing sangatlah menentukan performa website pada mesin pencarian yang dibutuhkan. Sistem kerja pada SEO  ini selain yang telah disebutkan diatas, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi cara kerja sistem ini, yaitu kesesuaian pada kata kunci, kualitas backlink, dan juga hal-hal baru yang diupdate.

Search Engine Optimization terdiri atas berbagai ragam strategi yang berfokuskan pada visibilitas suatu website pada mesin pencarian. Semakin naik peringkatnya, maka semakin banyak trafik pengunjung yang datang. Upaya ini jelas sangat berguna, apalagi bagi anda yang memiliki website bisnis. Produk anda akan jauh lebih terkenal dan akan mendapatkan peluang dalam penjualan anda akan semakin bertambah.

Bahkan jika anda memiliki suatu bisnis, anda tidak mengetahui dalam pengiklanan yang baik bagi mendatangkan konsumen pada anda sudah banyak sekali jasa-jasa yang bergerak dibidang jasa iklan. Jasa Konsultan IT pun akan menggunakan SEO maupun SEM dalam memenuhi keinginakan iklan dalam suatu produk yang diinginkan oleh client.

Tips SEO Yang Wajib Dilakukan Untuk Menaikkan Traffic Pada Website

Manfaatkan adanya Google Analytic dan Google Webmaster Tools

Dengan menggunakan kedua tools ini, anda dapat mempelajari mana website yang sering dikunjungi bahkan website mana yang sedikit pengunjungnya. Maka dari itu anda dapat menggunakan SEO yang tepat bagi website anda sendiri.

Pengaturan Lokasi Bisnis

Bisnis yang dapat dipercaya, jelas bisnis yang sudah jelas lokasi tepatnya. Maka dari itu sangatlah penting bagi pebisnis mencantumkan local advertising pada SEO. Selain hal ini dapat menarik banyak pengunjung pada website anda, hal ini juga berguna untuk menarik konsumen ke lokasi bisnis anda jika anda juga memiliki bisnis secara offline.

Membangun Internal Link secara Kuat

Jika dengan ini orang seluruh dunia saja bisa tahu, bagaimana dengan lingkungan sekitar kita. Pastinya ini akan mempermudah memperkuat juga suatu website atau bisnis di suatu area terdekat.