Aplikasi Pembersih RAM Android

Semakin banyak aplikasi yang dipakai, semakin sering Anda melakukan multitasking, akan semakin banyak RAM ponsel yang terpakai. Saat hal ini terjadi, ponsel atau smartphone Android Anda tidak akan dapat beroperasi dengan dengan lancar. Ponsel akan jadi lambat alias nge-lag.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus sering membersihkan RAM. Setiap Android biasanya telah dilengkapi dengan aplikasi cleaner atau pembersih RAM bawaan. Namun, Anda juga dapat mengunduh aplikasi cleaner lain agar proses pembersihan menjadi lebih maksimal.

Aplikasi untuk Membersihkan RAM Android

Melansir dari website carakami.com, ada beberapa aplikasi pembersih RAM Android yang dapat digunakan:

  1. CCleaner

Aplikasi CCleaner merupakan salah satu aplikasi cleaner atau pembersih RAM yang sangat populer. Aplikasi cleaner Android yang satu ini dilengkapi dengan navigasi yang mudah sehingga pengguna tidak akan bingung saat menggunakannya.

Di samping untuk membersihkan RAM, CCleaner juga dapat digunakan untuk melakukan tugas lain yang memungkinkan pengguna aplikasi untuk memonitor berbagai sistem di perangkat Android, seperti RAM, CPU, maupun berbagai detail perangkat yang lain.

CCleaner dikembangkan oleh Piriform dan telah di-download oleh lebih dari 100 juta orang di Google Play Store. Dengan ukuran yang kecil, yaitu sekitar 16 MB, review yang diberikan pengguna untuk aplikasi ini cukup tinggi, yaitu mencapai 4,7/5,0.

  1. Norton Clean

Norton Clean adalah aplikasi pembersih RAM yang bekerja dengan cara membersihkan file-file APK yang tidak terpakai, sampah, dan cache.

Tak hanya mampu membersihkan RAM dari hal-hal tidak berguna yang dapat memperlambat sistem kerja perangkat Andaroid, Norton Clean juga dapat memindai malware pada perangkat, menghapus bloatware, serta berbagai fungsi lainnya.

  1. Droid Optimizer

Aplikasi Droid Optimizer merupakan aplikasi cleaner yang memungkinkan penggunanya untuk membersihkan RAM dengan mudah. Pasalnya, pengguna hanya perlu melakukan satu ketukan dan aplikasi akan langsung melakukan tugasnya. Droid Optimizer juga dapat memberikan statistik serta kondisi RAM pada perangkat Android.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Ashampoo dan sudah di-download hingga lebih dari 1 juta kali ini mendapatkan review yang cukup bagus, yaitu 4,5/5,0. Ukuran aplikasi ini hanya 11 Mb sehingga tidak akan membebani perangkat Android Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menghapus cache, menghapus file yang tidak diperlukan, menghentikan aplikasi yang berjalan di latar, hingga mengatur pembersihan pada perangkat secara rutin. Oleh karena itulah Droid Optimizer menjadi salah satu aplikasi cleaner yang sangat direkomendasikan.

  1. Filesby Google

Dilihat dari namanya saja, sudah jelas bahwa aplikasi File by Google adalah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi yang telah di-download hingga 1 miliar kali di Google Play Store ini mampu membersihkan RAM dari sampah dan hal-hal lain yang dapat memperlambat kinerja perangkat Android.

Namun, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membersihkan memori internal. Hal ini membuat Files by Google dapat digunakan untuk menghapus aplikasi yang jarang terpakai, foto, video, maupun file yang berukuran besar. jika Anda ingin mengosongkan memori ponsel, maka aplikasi ini sangat cocok.

Rating Files by Google di Play Store adalah 4,7/5,0 dan ukuran aplikasinya juga sangat kecil yaitu hanya sekitar 6,6 MB.

Melansir dari website carakami.com, aplikasi pembersih RAM Android yang disebutkan memiliki kelebihan masing-masing. Oleh karena itulah Anda harus memilih aplikasi yang paling cocok dengan melihat daftarnya di website yang bersangkutan.