Aplikasi Untuk Membuat Animasi

Apakah Anda ingin mencoba membuat animasi? Video animasi saat ini sedang menjadi tren di media sosial, salah satunya Youtube. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa Youtuber animasi keren yang memiliki jutaan views. Jadi, selain menjadi media hiburan, animasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Namun apa sebenarnya animasi itu? Animasi merupakan gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek atau gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan. Gambar disini bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tumbuhan. Pada proses pembuatanya pembuat animasi harus menggunakan logika berfikir untuk menetukan alur greak objek.

Untuk menciptakan kesan gerakan yang halus, setiap animator atau pembuat animasi harus mempertimbagkan frame rate atau jumlah gambar berurutan yang ditampilkan setiap detik. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat animasi, terdapat beberapa aplikasi yang direkomendasikan Papuanews.id, seperti:

  • Synfig Studio

Syinfig merupakan salah satu aplikasi untuk membuat animasi dengan menggunakan laptop ataupun PC.Syinfig Studio sendiri merupakan aplikasi gratis dan open source untuk membuat animasi 2D.Aplikasi ini dirancang sebagai solusi yang kuat untuk membuat film animasi berkualitas menggunakan vector dan bimap.Aplikasi ini banyak digunakan oleh para penguna.

 

Hal ini dikarenakan pengaplikasian dari Synfig Studio yang mudah digunakan.Sehingga sangat cocok digunakan oleh para pemula maupun animator berpengalaman.Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan konten laeyr dan memiliki antarmula intutif yang dibagi menjadi empat jendela berbeda.Aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur yang menarik untuk para pengguna.

 

Salah satu fiturnya adalah dukungan suara yan memungkinkan Anda menyinkronkan suara, music, dan narasi ke video animasi.Menariknya, aplikasi ini menawarkan dua versi yang berbeda.Versi pertama yaitu stable version.Stable version ini untuk serangkaian fitur sederhana dan sangat teruji yang dapat Anda andalkan dalam membuat proyek animasi.

 

Sedangkan versi yang kedua yaitu versi pengembangan. Versi pengembangan ini memiliki fitur eksperimental yang mungkin masih belum sempurna, namun memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa hal bagus dengan proyek animasi yang akan dibuat.

 

  • FlipaClip

Aplikasi untuk membuat animasi yang kedua adalah flipaClip. Aplikasi ini dapat Anda gunakan di HP maupun tablet dengan berbagai merek. Jadi, Anda dapat menginstall aplikasi ini di Google Playstore maupun APPstore yang telah disediakan.FlipaClip ini merupakan sebuah aplikasi yang tergolong simpel dimana Anda bisa membuat sketsa, storyboard, dan animasi di dalamnya.

 

FlipaClip ini adalah pilihan yang bagus untuk solusi aplikasi animasi gratis.Aplikasi ini juga memiliki semua keistimewaan teknologi animasi modern tapi memiliki nuansa klasik.Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa membuat proyek video animasi hingga tiga layer dengan fitur union skinning untuk multiple player. Anda juga bisa menambahkan efek lebih lanjut dengan grid overlay.

 

  • Pencil2D

Sama seperti synfig studio, pencil 2D ini juga aplikasi animasi yang dapat digunakan di laptop ataupun PC.Selain itu aplikasi ini juga dapat Anda gunakan secara gratis.Meskipun gratis, Pencil 2D ini cukup kuat untuk animasi vector dan bitmap.Aplikasi ini menawarkan antarmuka sederhana dan mudah dipahami.

 

Sehingga sangat cocok digunakan oleh Anda para animator pemula.Tidak hanya itu saja, Pencil 2D ini juga memiliki layer, timeline, dan bilah alat dan penel ruang kerja yang dapat Anda atur sendiri.

Demikian beberapa aplikasi pembuat animasi yang direkomendasikan Papuanews.id. Dari beberapa aplikasi diatas dapat disimpulkan bahwa Anda bisa membuat animasi melalui laptop maupun smartphone.Sehingga sangat memudahkan Anda dalam membuat animasi.