Baju Batik Pria yang Sesuai dengan Style Masa Kini

Batik merupakan salah satu warisan budaya milik Negara Indonesia. Batik juga memiliki nilai seni yang sangat tinggi karena motif yang memiliki makna. Batik juga ditetapkan sebagai warisan kemanusian untuk budaya lisan non bendawi yang ditetapkan oleh. Oleh sebab itu terciptalah peringatan hari batik nasional setiap tanggal 2 oktober.

Baju batik merupakan salah satu pilihan style yang sangat cocok untuk para pria. Baju batik sangat identik dengan pria karena model baju batik cukup simple dah mudah digunakan. Baju batik juga sangat cocok diberbagai kalangan dari yang muda bahkan sampai orang tua banyak yang menggemari baju batik. Setiap pria wajib memiliki baju batik walau hanya satu helai, baju batik sangat cocok digunakan untuk menghadiri acara apapun, terutama acara semi formal seperti pernikahan.

Saat ini baju batik sangat sering digunakan oleh pria baik didalam lingkugan perkantoran ataupun sangat umum para karyawan bahkan eksekutif expatriate juga menggunakan pakaian batik. Beberapa pria memilih batik karena faktor kepraktisan, corak dan variasi warna yang menggambarkan kecerian dan keanggunan, dan membuat yang mengenkan baju batik bangga akan seni budaya bangsa Indonesia.

Bagi Anda yang masih bingung tentang jenis-jenis batik dan batik mana yang akan dipilih sesuai style. Penjelasan berikut akan memperkenalkan beberapa jenis-jenis batik yang cocok bagi para pria:

  1. Batik tulis

Batik tulis merupakan jenis batik dengan umur tertua yang ada di Indonesia bahkan di dunia. Batik ini dibuat dengan teknik tulis yang menggunakan alat cating. Batik tulis memakan waktu proses yang sangat panjang karena diperlukan ketelitian dan kesabaran yang ekstra. Jika ingin membuat batik jenis ini dengan kualitas tinggi makan akan memakan waktu pembuatan selama 2 sampai 3 bulan atau bahkan lebih tergantung motif yang akan dibuat. Batik ini memerlukan jiwa seni yang tinggi dari pembuatnya. Hal yang menonjol pada batik ini ialah desain pola yang sangat rapi dan rumit karena masih mengandalkan proses manual.

  1. Batik cap

Batik cap dari namanya aja sudah sangat jelas jika batik ini baru dikenal setelah perang dunia I berakhir sekitar tahun 1920, lalu menyebar ke berbagai daerah Indonesia. Batik ini dibuat dengan cara dicap menggunakan alat cap yang telah dibuat dengan motif batik yang cantik. Untuk proses pembuatan batik ini tidak memakan waktu yang lama biasanya hanya 2 sampai 4 hari. Hal yang menonjol dari batik ini ialah motifnya yang rapi dan berulang-ulang dengan pola yang sama serta ukuran polanya yang sama persis.

  1. Batik Sablon

Batik sablon merupakan salah satu batik modern yang proses pembuatanya relative cepat. Biasanya batik ini di produsi masal dengan jumlah yang banyak tergantung jumlah permintaan pasar atau pesanan langsung dari sebuah stasi seperti sekolah. Karena prosesnya sangat cepat batik jenis ini kurang bagus karena tidak menggunakan bahan dasar malam, oeleh sebab itu batik jenis ini sangat mudah luntur.

Motif Batik Terkenal di Indonesia

Batik juga terdapat beberapa jenis contohnya batik lengan panjang dan batik lengan pendek. Batik lengan panjang sendiri sangat cocok digunakan bagi pria yang ingin terlihat gagah karena menunjukan sisi keren dari pria. Bagi pria yang merasa tidak cocok dengan batik lengan panjang dapat menggunakan batik lengan pendek. Batik lengan pendek juga tidak kalah keren dengan batik lengan Panjang. Batik lengan pendek dapat membuat pria tampak lebih cool.

Batik juga memiliki berbagai macam motif yang membrikan kesan tersendiri berikut contoh beberapa motif batik yang ada di Indonesia:

Motif Awan dari batik Mega Mendung berasal dari Cirebon yang memberikan kesan classic dan simple. Hal yang menonjol pada motif terletak pada awan dengan warna yang tegas dan didalamnya terdapat filosofi yang sangat bermakna. Jadi motif ini sangat cocok untuk anak muda sekarang yang suka sesuatu yang simple.

  • Motif Batik Parang berasal dari Solo yang memiliki ciri khas warna coklat gelap, motif ini berkembang sejak zaman pemerintahan kerajaan Mataram. Motif ini memiliki makna lambang estafet perjuangan dari golongan tua ke golongan muda. Batik ini sangat cocok untuk acara yang dilaksanakan pada pagi hari karena warnanya yang terkesan cerah.
  • Motif Batik Kawung motif batik ini sangat beragam sehingga sangat cocok untuk anak muda. Batik ini juga sangat sering kita lihat sehingga tidak asing dimata. Ada beberapa contoh motif kawung seperti kawung bribit, kawung picis, kawung kemplong, dan kawung sen.
  • Motif Batik Ciamis berbunga bunga cocok untuk pergi bekerja di kantor. Batik ini didasari oleh lingkungan sekitar sehingga bernuansa naturalistic yang menampilkan flora dan fauna. Jadi, sangat cocok digunakan ke acara yang santai seperti acara pengajian, kekantor, dan ulang tahun.
  • Motif Batik Garutan motif ini berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Memiliki motif yang simple dan menggunakan pewarna alami. Ada beberapa motif yang khas dari batik garutan contohnya seperti Kurung Ayam, Motif Dragonfly, Motif Ngibing, dan Motif Kipas.
  • Batik Pekalongan merupakan salah satu batik yang mendapatkan gelar World`s City of Batik karena menunjukan batik yang khas dan tidak ada saingannya
  • Motif Batik Tujuh Rupa motif batik ini menjadi corak yang cukup banyak disukai karena memiliki nuansa alam dengan flora dan fauna. Motif ini merupakan motif perpaduan dari kebudayaan local dan budaya china. Dengan motif yang memiliki warna cerah, batik ini sangat cocok digunakan anak muda karena tidak terkesan suram dan ketinggalan zaman.
  • Motif Sekar Jagat motif ini melambangkan keberagaman yang indah sangat berkesan melambangkan Indonesia yang sangat beragam dan sangat indah. Motif satu ini juga menjadi recommend buat anak muda saat ini.
  • Motif Batik Sidomukti batik ini sangat cocok untuk perlengkapan pakaian ketika menghadiri acara pernikahan. Batik ini berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Batik ini memiliki warna gelap yang dibuat dari bahan alami.

Biasanya ketika membeli baju batik kita perlu didampingi orang lain untuk memberikan pendapat. Jika ingin membeli baju batik dan bingung dalam memilih berikut tips dalam memilih baju batik agar tampil keren:

  1. Memilih bahan baju batik yang Sesuai

Nah, untuk pemilihan bahan yang sesuai sangatlah penting kita perhatikan karena ada beberapa bahan yang tidak cocok dengan kulitmu bisa saja dapat menyebabkan gatal, sehingga ini dapat menggangu Anda saat berjalannya acara. Plih bahan yang adem dan menyerap keringat agar Anda tidak kegerahan saat mengikuti prosesi acara yang panjang.

  1. Sesuaikan acara yang akan dihadiri

Menyesuaikan baju dengan acara yang akan di hadiri menjadi hal penting. Pilih batik yang cocol di gunakan pada acara formal seperti para guru yang mengajar menggunakan style batik semi formal seperti kondangan dll.

  1. Sesuaikan motif dan warna yang sesuai dengan diri anda

Menyesuaikan motif yang pas dengan diri sangatlah penting karena suatu perpaduan yang sempurna antara batik dengan warna kulit akan memberikan point tambahan pada ketampanan pria.

  1. Pilih ukuran yang pas dengan tubuh

Pemilihan ukuran yang pas juga perlu di perhatikan jadi ketika pembelian alangkah baiknya baju dicoba atau diukur sesuai size tubuh terlebih dahulu agar tidak mengakibatkan kebesaran atau kekecilan saat digunakan nantinya.

Rekomendasi Style Menggunakan Batik

Pemilihan style sangat perlu diperhatikan contohnya perpaduan dengan celananya agar terlihat lebih cool dan kece. Berikut ini pilihan style yang bikin para pria makin stylish, cool, dan gagah.

  • Manggunakan Classic Style

Style yang satu ini sangat cocok bagi pria yang bingung dalam perpaduan baju batik denga apa. Nggak perlu bingung karena gaya classic adalah style yang sangat gampang dan simple digunakan jika pergi ke acara-acara yang agak resmi tinggal menggabungkan baju batik dengan celana Panjang tisu warna hitam agar terlihat classic. Style ini aja sudah sangat membuat pria terlihat berwibawa.

  • Menggunakan Batik Set

Jika anda penggemar pakaian nyentrik bisa saja menggunakan style yang satu ini. Pilih aja warna dasar batiknya yang cocok dipadukan dengan outfit lain. Seperti warna yang netral contoh hitam yang cocok untuk motif batik tulis yang identik dengan warnanya yang cerah. Karena setelan blazer batik ini udah keliatan perfect, cukup di tambakan dengan sepatu hitam atau putih agar style anda makin keren. Atau dengan menggunakan produksi seragam batik atasan dan bawahan.

  • Menggunakan Minimalis Pattern

Minimalis merupakan pilihan style yang cukup sering digunakan apalagi dikalangan remaja. Gabungkan saja batik lengan pendek dengan motif classic lalu digabungkan dengan sepatu yang sedang trendi, style ini cocok juga buat para mahasiswa buat ide outfit kuliah.

  • Menggunakan Monochrome

Style ini juga sangat simple karena menggunakan perpaduan warna yang sama sehingga para pria tidak perlu pusing dalam memilih perpaduan warna yang pas. Style ini membuat para tampak pria lebih percaya diri.

  • Menggunakan Work From Office Style

Style satu ini lebih cocok jika digunakan untuk para karyawan yang ingin menggunakan style batik tetapi bingung takut terlihat tua. Bisa saja gunakan batik lengan pendek yang memiliki motif minimalis, pilih warna yang bersifat kalem seperti abu-abu.

  • Menggunakan Casual Look

Baju batik tidak hanya digunakan di tempat formal saja, tetapi bisa juga digunakan saat liburan bahkan style ini tetap membuat pria tetap keren walau saat liburan. Pilihlah batik yang terbuat dari bahan katun agar dapat dengan mudah menyerap keringat dapat digabungkan dengan celana pendek dan sandal.

  • Menggunakan Batik With Jeans

Untuk para remaja yang ingin menggunakan batik dapat mengggunakan perpaduan batik dengan celana jeans. Style ini tetap membuat para remaja terlihat keren dan tidak terlihat seperti bapak-bapak.

  • Menggunakan Mix Pattern

Untuk pria yang suka mencoba-coba style bisa aja coba style satu ini contohnya atasan batik dengan nuansa warna merah marun dan coklat dapat dipadukan celana yang warnanya sama.

  • Menggunakan Colour Block

Selain tabrak motif tidak ada salahnya mencoba tabrak warna agar tampilan lebih nyentrik. Tentu saja style ini jauh dari kesan bapak-bapak.