Apa Saja Obat Luka Dalam Akibat Benturan di Dada?

Benturan yang terjadi di dada bisa mengakibatkan beberapa keluhan. Salah satunya adalah rasa nyeri di dada serta sesak napas. Selain itu, beberapa kasus benturan juga mengakibatkan adanya luka dalam. Kondisi ini jika dibiarkan tentu akan mengganggu aktivitas sehari – hari dan berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, bagi penderita yang mengalami luka dalam akibat benturan di dada harus segera mendapatkan penanganan yang baik.

Pada kondisi nyeri yang tidak terlalu berat, penderita bisa mendapatkan penanganan dengan cara kompres air dingin pada bagian dada dan punggung. Selain itu, penderita juga harus melakukan relaksasi dan menghindari beberapa aktivitas berat yang bisa memicu benturan lain di dada. Penderita juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga nutrisi tubuh bisa tercukupi. Untuk mencegah dehidrasi, penderita harus minum air dalam jumlah yang memadai. Selain itu, penderita juga bisa mengkonsumsi obat nyeri seperti parasetamol.

Rasa nyeri akibat luka dalam yang ada di dada akan sering muncul saat penderita batuk. Untuk mengatasi hal tersebut, penderita bisa memegang dada pada saat batuk, sehingga rasa nyeri di dada akan berkurang. Akan tetapi, pada beberapa kondisi, luka dalam dapat bertahan hingga lebih dari 3 hari. Oleh karena itu, penderita harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat agar bisa diperiksa bagian mana yang mengalami luka dalam dan mendapatkan penanganan kesehatan.