Kisaran Biaya Bangun Tangga Beton Rumah

Keberadaan tangga di rumah idaman memiliki fungsi yaitu untuk menggabungkan dua bangunan. Dengan adanya tangga ini para penghuni rumah bisa menginjakkan kaki di lantai kedua atau atasnya. Namun di dalam pembangunannya harus dilakukan secara baik dan tepat agar tangga menjadi tahan lama dan kokoh.

Rincian Biaya Membangun Tangga Beton

Untuk bisa membangun tangga yang baik Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu besaran biaya yang diperlukan. Dengan begitu dapat mempersiapkan anggaran jauh-jauh hari. Adapun perkiraan anggaran yang perlu dipersiapkan seperti berikut ini.

  1. Biaya Tukang Borongan

Biasanya para kontraktor akan mematok harga borongan bangunan tangga dari beton sekitar 850.000 per meter persegi. Jumlah tersebut nantinya telah mencakup pekerjaan pondasi tangga, bakisting, pengecoran dan pembongkaran dinding badan tangga. Sedangkan untuk upah tukang borongan ini di setiap daerah berbeda-beda. Dengan begitu tarif di atas masih bisa dirubah sesuai yang ada di wilayah masing-masing.

  1. Biaya Material

Sama halnya dengan mendirikan rumah di dalam pembangunan tangga juga perlu memperhitungkan biaya materialnya. Contohnya misal Anda memiliki besaran ruang 10 m x 15 m, maka dapat menggunakan plat dengan ketebalan 12 m. Setelah itu hitunglah volume plat lantai tersebut dengan cara seperti berikut ini.

Volume plat lantai =10 m x 15 m x 0,5 = 22,5 meter kubik.

Setelah itu hitunglah keamanan tangga yang digunakan sebagai cadangan jika terjadi salah hitung yaitu angka ke-6 = 2, 5% x 22,5 meter kubik = 0,5 meter kubik.

Dengan begitu dapat disimpulkan jadi jumlah volume ready mix yang diperlukan adalah 22 meter kubik. Nantinya dengan data ini anda bisa menghitung berapa harga beton cor ready mix yang diperlukan.

Misalnya jika harga beton cor readymix sekitar 700.000 dan alat untuk cornya 3 jutaan maka biaya bangun tangga rumah dari beton sekitar Rp 21.000.000.

Prosedur Dan Tips Membangun Tangga Beton

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa di dalam pembuatan tangga beton tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal itu bertujuan demi keamanan para penggunanya. Adapun beberapa prosedur yang perlu diperhatikan seperti berikut ini.

  • Pertama membuat pondasi tangga, bekisting bordes dan badan tangga.
  • Setelah itu melakukan pemasangan tulang badan dan selangka badan tangga.
  • Kemudian pemasangan tulang anak tangga.
  • Lalu pasang bekisting tangga, dinding, bordes dan dinding anak tangga.
  • Terakhir melakukan pengecoran dan pembongkaran dinding badan tangga dan trape.

Tips Membuat Tangga Beton

Setelah berhasil mengetahui kisaran anggaran yang diperlukan untuk membangun tangga beton penting juga untuk mengikuti beberapa tipsnya agar nantinya ketika digunakan nyaman dan tidak mudah roboh. Langsung saja berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

  • Tangga beton wajib memiliki desain yang sesuai dengan konsep rumah.
  • Pastikan ukuran anak tangga seragam serta sama.
  • Sederhanakan desain tangga untuk mempermudah pemeliharaan serta pembersihan.
  • Gunakan material yang berkualitas supaya struktur tangga kuat dan tahan lama.
  • Menentukan ukuran tangga yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang kisaran biaya dalam pembuatan tangga dari beton. Perlu diingat bahwa ketika membuat tangga pastikan telah mematuhi setiap prosedur di atas. Karena jika melanggarnya kemungkinan besar bisa membahayakan diri sendiri dan penghuninya. Sebab tangga yang dibuat tanpa prosedur berpeluang besar mudah rusak dan kurang kuat menahan beban. Sedangkan untuk perawatan tangga yang telah jadi cukup menyapu dan mengepelnya setiap hari agar lebih awet.