Manfaat Bunga Telang

Bunga telang merupakan suatu tumbuhanyang dikenal sebagai tanaman hias. Ciri-cirinya adalah mahkota bunganya berbentuk seperti kupu-kupu sementara kelopaknya berbentuk corong. Warna bunga telang adalah biru keunguan.

Bunga telang dimanfaatkan sebagai tanaman hias salah satunya karena keindahan bunganya. Meski begitu, bukan berarti nilai bunga telang hanya terbatas pada keindahan bunganya. Tumbuhan ini juga ternyata memiliki banyak manfaat bunga telanguntuk kesehatan.

Bunga telang mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh agar tidak rusak akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi air bunga telang. Selain mengandung antioksidan, tanaman ini juga memiliki sifat antiinflamasi alias dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Sifat anti peradangan ini disebabkan oleh kandungan asam lemak berupa asam oleat yang tinggi pada bunga telang. Persentase asam oleat pada bunga ini adalah sekitar 51%–52%. Asam lemak tersebut tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi peradangan, tetapi juga dapat menurunkan risiko terkena kanker pada seseorang.

Manfaat bunga telang yang lain adalah dapat menurunkan kolesterol tinggi, meringankan gejala diabetes, serta meringankan gejala asma. Di samping bermanfaat terhadap kesehatan fisik orang yang mengonsumsinya, bunga telang juga dapat menjaga kondisi mental seseorang.

Pasalnya, tanaman hias ini mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan mental, yaitu asam palmitat yang memiliki sifat antidepresan alami.