Fakta Penting Tentang Burung Bangau Sawah

Bangau sawah sering kita jumpai di lahan pertanian. Burung ini biasanya muncul saat pagi hari dan sore hari. Mereka di sawah mencari makan hewan kecil yang ada di sawah. Ada fakta menarik mengenai bangau sawah atau yang disebut dengan kuntul di sawah. Berikut ini adalah penjelasannya yaitu :

  • Bagian besar memiliki warna putih

Pada dasarnya burung bangau mempunyai berbagai macam jenis warna. Akan tetapi ada yang spesial dari burung bangau sawah yaitu mempunyai warna yang putih. Jarang sekali kita temukan burung bangau sawah yang mempunyai warna selain putih. Ini sudah menjadi salah satu ciri khas dari spesies ini.

  • Berperan sebagai penyeimbang ekosistem sawah

Burung bangau sawah adalah salah  satu komponen penyeimbang ekosistem di sawah. Bagaimana bisa? Burung ini memakan berbagai macam predator hewan-hewan kecil yang ada di sawah. Termasuk salah satunya hama sawah. Dengan begitu sangat membantu para petani untuk memerangi hewan dan hama sawah seperti keong dan hewan kecil lainnya.

  • Bergerombol

Seringkali kita jumpai bangau sawah yang sering bergelombang saat berada di area persawahan. Hewan ini bersama-sama mencari makan di sawah. Pada saat terbang pun mereka juga akan cenderung bergelombang dan kadang membentuk barisan yang sangat cantik jika dilihat.

Itulah mengenai fakta unik tentang burung bangau sawah. Keberadaan burung ini menjadi salah satu pemandangan yang indah di pagi hari dan sore hari. Selain itu juga membawa manfaat bagi para petani.