Cara Agar Bisnis Sukses di Usia Muda

Pastinya banyak orang ingin menetahui cara agar bisnis sukses di usia muda. Menjadi kaya selalu merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan menjadi miskin, karena menjadi kaya bisa membuat kualitas hidup Kamu lebih baik dari sebelumnya. Sayangnya, beberapa orang mencari pekerjaan yang hanya akan memberi mereka kekayaan sampai di usia 40-an, 50-an, atau bahkan hanya sampai akhir hayat mereka. Banyak orang hanya fokus pergi ke sekolah dan mengumpulkan sertifikat tanpa memperhatikan apa yang akan mereka lakukan dengan sertifikat tersebut.

Dan nyatanya, banyak lulusan sarjana yang menganggur dan kemudian mereka memilih untuk kembali belajar lebih banyak untuk mendapatkan ijazah sekolah yang lebih tinggi. Sementara itu, biaya yang Kamu keluarkan untuk ini bisa cukup untuk membangun bisnis Kamu sendiri dan membuat Kamu  kaya dari usia muda. Kenapa tidak? Lalu bagaimana kunci sukses atau cara agar bisnis sukses di usia muda? Kamu harus mau belajar dan mendapatkan pengalaman bisnis terbaik agar kamu bisa mendapatkan kekayaan yang bisa diturunkan ke anak cucu, bukan sampai akhir hayatmu saja.

5 Hal Yang Harus Kamu Hindari Yang Menjadi Cara Agar Bisnis Sukses di Usia Muda

Jika kamu ingin mengetahui cara agar bisnis sukses di usia muda, maka kamu harus mengindari 5 hal berikut ini :

1. Menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting

Sebagai anak muda, Kamu pasti ingin mempunyai ponsel terbaru, jam tangan mahal, atau perhiasan berharga. Tetapi apakah Kamu benar-benar membutuhkan barang-barang tersebut? Tentu saja, barang tersebut merupakan hal yang diinginkan semua orang dan membuat diri mereka merasa bahagia, dan membuat memiliki barang tersebut membuat kamu bangga. Tetapi saya sangat yakin bahwa Kamu tidak akan bisa bahagia ketika Kamu sudah tua dan Kamu masih menjadi orang miskin.

2. Tidak tahu cara menabung

Kamu bahkan tidak mempunyai tabungan yang Kamu inginkan untuk menjadi kaya ketika Kamu masih muda? Ini seperti Kamu ingin membangun istana di udara. Kamu tidak akan menjadi kaya jika Kamu terus menghabiskan setiap rupiah terakhir yang Kamu miliki.

3. Kurangnya pengetahuan keuangan

Uang merupakan sesuatu yang setiap orang gunakan setiap hari karena hanya sedikit orang yang mengerti arti uang yang sebenarnya. Selain itu, masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami cara mengelola uang dengan baik.

4. Takut akan resiko

Orang yang ingin tetap aman dan nyaman mungkin tidak akan pernah kaya. Kamu akan menjadi orang kaya jika Kamu tahu bagaimana menjadi percaya diri dan tegas dalam mengambil risiko. Dan tentu saja kamu harus siap untuk gagal beberapa kali. Karena setelah setiap kegagalan Kamu akan menerima pelajaran bisnis yang berharga dan menjadi orang sukses yang lebih berpengalaman.

5. Menempatkan investasi di tempat yang salah

Kamu mungkin memerlukan bantuan manajer keuangan atau manajer investasi di beberapa investasi untuk membantu Kamu menginvestasikan uang Kamu dengan benar. Karena jika Kamu tidak hati-hati, jika salah menempatkan uang untuk investasi, ini bisa menjadi salah satu kesalahan terbesar yang pernah Kamu buat dalam hidup.

Cara Agar Bisnis Sukses di Usia Muda Lakukan 8 Hal Ini

Jika kamu ingin menjadi kaya dan sukses di usia muda, maka Cara Agar Bisnis Sukses di Usia Muda kamu harus melakukan 8 hal di bawah ini :

1. Tetapkan tujuan

Kamu harus tahu apa yang ingin Kamu capai di setiap usia. Misalnya, Kamu bisa mengatakan bahwa sebelum usia 30 tahun, Kamu ingin mempunyai satu bisnis dengan penghasilan rata-rata per bulan 100 juta. Ketika memiliki tujuan jelas, maka tujuan menjadi mudah untuk dicapai.

2. Temukan Mentor

Kamu juga harus menemukan seseorang yang sukses dan mempunyai pengaruh kuat dalam karir bisnismu. Carilah seseorang yang bisa mengajari Kamu sesuatu tentang menjadi kaya dan bagaimana mempertahankan kekayaan tersebut.

Contohnya jika kamu ingin berbisnis skincare dan kosmetik, dan kamu tidak memiliki pengetahuan tentang pembuatan produk tersebut. Maka kamu bisa mendapatkan mentor yang baik dari jasa maklon kosmetik.

3. Ganti temanmu

Ada pepatah “Tunjukkan kepada saya teman-teman Kamu dan saya akan memberitahu Kamu siapa Kamu”, pepatah ini sangat benar. Jika Kamu memiliki teman yang suka hang out atau mungkin hanya suka berpesta dan bersenang-senang. Sebaiknya ganti temanmu. Kamu harus menemukan diri Kamu untuk berteman dengan orang yang memiliki impian dan aspirasi yang sama dengan Kamu atau setidaknya yang memiliki tujuan hidup yang jelas.

4. Selalu ingat bahwa Kamu tidak pernah terlalu muda untuk memulai

Jangan menunggu sampai Kamu berusia 20-an atau 30-an untuk mulai mengejar kekayaan. Ingatlah bahwa hidup ini sangat singkat dan mulailah dari  sekarang. Banyak anak muda yang bisa menjadi kaya di usia kurang dari 20 tahun.

5. Penghematan

Kamu perlu menciptakan kebiasaan dan tekad untuk bisa menabung. Pastikan Kamu selalu berpikir sebelum membelanjakan apa pun dari uang yang kamu punya. Pelajari  cara menghemat uang dari tokoh terkenal yang kaya raya agar kamu bisa memilih metode yang tepat untuk Kamu saat ini.

6. Minimalkan hutang

Kamu hanya boleh berutang kepada seseorang ketika benar-benar diperlukan. Jangan meminjam uang yang tidak Kamu butuhkan, Kamu juga harus selalu membayar hutang Kamu tepat waktu untuk membantu Kamu membangun kepercayaan. Sehingga Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman usaha kapan pun saat Kamu membutuhkannya.

7. Bekerja keras

Kemalasan bukanlah sifat yang dimiliki orang yang kaya. Kamu harus bersedia bekerja keras dengan cara yang cerdas untuk menjadi sukses dan kaya.

8. Bersemangatlah dengan apa yang Kamu lakukan

Kamu perlu memastikan bahwa Kamu selalu bersemangat dalam menjalankan kegiatan bisnis Kamu untuk menghindari kebosanan dan ketidakpuasan yang bisa membuat Kamu menyerah ketika menghadapi hambatan atau kesulitan. Selain itu, latih sendiri kebiasaan untuk menjadi tekun dan tetap tenang saat menghadapi masalah. Hal ini sangat penting untuk memberi Kamu keunggulan menuju kesuksesan di usia muda.

9 Tips dan Cara Agar Bisnis Sukses di Usia Muda

Berikut ini ada beberapa tips dan Cara Agar Bisnis Sukses di Usia Muda yang bisa coba kamu terapkan dalam membangun bisnis di usia muda :

1. Manfaat luar biasa dari tidur

Salah satu manfaat paling menonjol dari menjadi pemilik bisnis sendiri yaitu Kamu tidak perlu khawatir tentang waktu. Segala sesuatu yang telah Kamu lakukan, sedang lakukan atau akan lakukan merupakan untuk keberhasilan atau kegagalan bisnismu.

Apakah Kamu datang lebih awal atau pulang terlambat atau bekerja sampai siang. Yang Kamu butuhkan hanyalah tidur siang sebentar untuk mengisi ulang baterai tenaga. Hanya sekitar 15 menit istirahat akan membuat Kamu merasa segar kembali dan pikiran cepat pulih kembali.

2. Musik dan kehidupan

Musik memainkan peran penting dalam kehidupan banyak orang. Tidak hanya mempunyai efek pelepasan stress, tetapi juga metode untuk merangsang semangat kerja dan kreativitas. Bagi Joseph Fasone, pendiri Pilot, musik merupakan segalanya.

Untuk meredam kebisingan kantor dan mencari tempat yang tenang untuk semangat kerjanya, Joseph sering mendengarkan musik dengan kategori “Deep Focus”. Joseph mengungkapkan bahwa Kamu harus memilih sendiri musik yang tepat untuk mendapatkan momen terbaik dalam menikmati musik terbaik.

3. Jadwalkan janji untuk minggu ini

Memulai bisnis berarti Kamu harus berurusan dengan banyak pelanggan, mitra, karyawan, atau investor. Menurut Brandon Paton, salah satu pendiri dan CEO Localize, jika Kamu menerima semua undangan, Kamu tidak akan punya waktu lagi untuk menangani masalah yang muncul di kantor dan bekerja dengan karyawan mu.

Menurut Brandon, Kamu harus menjadwalkan semua janji temu Kamu pada satu hari, baik Kamis atau Jumat, dibandingkan menyebarkan janji temu Kamu di seluruh minggu kerja. Dengan waktu yang dijadwal secara tetap, Kamu akan merasa sangat nyaman untuk membuat janji dan bisa menjalankan bisnis Kamu dengan baik.

4. Ketenangan pikiran

Menjaga ketenangan pikiran saat memulai bisnis dan operasional merupakan hal yang tidak semua CEO bisa lakukan. Namun, selalu melatih dan mempertahankan semangat yang baik sangat penting untuk mendapatkan lingkungan kerja yang ramah dan efektif.

Tidak ada karyawan atau pelanggan yang ingin berurusan dengan manajer yang murung atau marah. Itulah yang diperhatikan oleh Jonathan Cornelissen, salah satu pendiri dan CEO DataCamp selama bekerja.

5. Atur Mode Prioritas

Dalam satu hari kerja, setiap CEO harus menghadapi dan menangani banyak pekerjaan dan masalah yang muncul. Jika Kamu ingin fokus pada pekerjaanmu, Kamu harus berbagi sumber daya dan pikiran di beberapa proyek.

Jadi menurut Krystle Mobayeni, salah satu pendiri dan CEO BentoBox merekomendasikan untuk memprioritaskan tugas yang paling penting dan berprioritas tinggi untuk diselesaikan. Tugas dengan prioritas rendah, atau tugas yang bisa ditangani dalam level ruangan, manajemen membiarkan staf Kamu menanganinya secara offline.

6. Jadwal kerja

Salah satu hal sederhana namun penting bagi setiap pemilik bisnis dan tenaga sales merupakan Jadwal kerja. Baik itu kalender meja atau aplikasi kalender. Jika Kamu ingin pekerjaan berjalan sesuai jadwal, tuliskan semuanya di kalender. Hal ini telah dilakukan oleh Ariel Briner, CEO Cartesian Co.

7. Organisasi kerja

Antonio Pellegrino, pendiri dan CEO LSQ, berbagi bahwa bisnisnya sedang dalam tahap penelitian dan peningkatan produk dan organisasi bisnis. Antonio menggunakan waffle.io untuk menemukan ide dan fitur produk baru, dan terhubung ke sistem admin untuk menyimpan informasi pekerjaan. Dengan mengatur dan melacak pekerjaan dari alat yang tersedia, Kamu akan selalu mengarahkan perhatian orang pada pekerjaan dan tujuan bisnis secara keseluruhan.

8. Tetapkan tujuan untuk setiap minggu

Menetapkan tujuan merupakan bagian penting dari setiap bisnis, baik Kamu baru dalam bisnis atau telah beroperasi selama bertahun-tahun. Menurut Mackenzie Barthco, merupakan salah satu pendiri dan CEO dari Spoon University. Untuk selalu tetap fokus di tempat kerja, Kamu bisa sepenuhnya menetapkan tujuan yang ingin dicapai setiap minggu, dan memastikan kemajuan penyelesaian tujuan tersebut untuk memeriksa produktivitas kerja.

Di akhir setiap minggu, duduk dan diskusikan tujuan minggu ini dan hasil yang dicapai, apakah semua tim telah mencapai tujuan atau tidak. Jika pekerjaan belum selesai, itu akan menjadi tujuan untuk minggu kerja berikutnya. Ini akan memotivasi dan menjaga pikiran semua tim pada pekerjaan di seluruh bisnis.

9. Jaga dirimu

Meskipun menjadi pemilik bisnis, bertanggung jawab atas kelangsungan bisnis, banyak CEO dan pendiri mengabaikan untuk menjaga diri mereka sendiri dengan baik. Tanpa merawat dan menjaga diri kamu sendiri, bisakah Kamu nantinya menjaga bisnis Kamu, ketika diri kamu sendiri tidak dalam kondisi baik-baik saja?

Oleh karena itu, Thierry Schellenbach, co-founder Stream menyadari bahwa untuk fokus dalam bisnis, setiap eksekutif perlu berada dalam kesehatan yang baik melalui olahraga teratur dan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Setiap pemilik bisnis akan mempunyai pilihan yang berbeda untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan. Melalui sharing di atas Cara Agar Bisnis Sukses di Usia Muda, semoga Kamu mempunyai pilihan yang tepat untuk tetap semangat dan fokus bekerja dan menjalankan bisnis.