Bingung Cara Cek Windows Ori Bajakan? Ini Tipsnya

Microsoft Windows merupakan software paling banyak dipakai di dunia. Pemakaiannya yang luas tidak menutup kemungkinan keluar versi bajakannya. Mudah caranya melakukan cek windows ori bajakan.

Tujuannya agar komputer atau laptop yang dibeli jelas status software-nya. Apalagi jika Anda merasa membeli yang asli, ternyata hasilnya berbeda dari dugaan. Selengkapnya, coba beberapa cara mengecek keaslian software Windows berikut.

Bagaimana Cara Cek Windows Ori Bajakan?

Saat pertama membeli laptop atau komputer, tentu Anda akan bingung apakah OS yang diinstall ori, atau sebaliknya. Cukup lakukan sendiri di rumah, mengecek keaslian windows bisa dilakukan dengan cara:

  1. Melalui Menu Control Panel

Control panel merupakan fitur yang berisikan aneka tugas penting dalam mengoperasikan komputer. Termasuk untuk mengecek keaslian Windows. Beberapa cara menggunakan menu ini adalah:

  • Setelah menyalakan laptop atau komputer, cari menu This PC di kolom Search
  • Klik Properties, kemudian akan muncul jendela sistem
  • Menu tersebut akan menampilkan kolom Windows Activation
  • Cek di kolom tersebut, apakah OS sudah diaktivasi atau sebaliknya
  • Apabila sudah diaktivasi, berarti Windows asli, sedangkan belum berarti indikasi OS bajakan
  1. Memanfaatkan Menu Run

Ada menu lain di Windows yang bisa dipakai untuk mengecek keaslian OS. Menu Run bisa Anda pakai jika memakai cara di poin pertama tidak berhasil. Beberapa step yang dapat dilakukan di antaranya:

  • Untuk membuka menu Run, tekan kombinasi Windows + R, lalu tungu
  • Muncul kolom kemudian ketik kode slmgr.vbs/dli, dan tekan Enter untuk melanjutkan proses
  • Akan muncul Windows Script Host yang menampilkan deskripsi OS
  • Jika tidak tertulis pembuat software, atau nama pembuat software selain Microsoft, berarti Windows adalah bajakan
  1. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt menyediakan beberapa perintah untuk dijalankan. Seperti cek Windows ori bajakan. Untuk menggunakan menu ini, Anda cukup melakukan beberapa tahap seperti:

  • Untuk membuka menu ini, ketik di kolom Search tulisan cmd kemudian enter
  • Setelah itu, akan muncul menu Command Prompt, langsung klik kanan dan pilih Run as Administrator
  • Ketik perintah slmgr.vbs./xpr, setelah itu, tekan Enter dan tunggu sampai ada jendela User Account Control
  • Pilih Yes untuk melanjutkan perintah, kemudian tunggu hingga Windows Script Host terbuka
  • Akan muncul tulisan The Machine is Permanently Activated yang menandakan OS asli
  • Apabila ada tulisan berisi masa kadaluarsa Windows, menandakan OS bajakan

Apakah Memakai Software Bajakan Aman?

Setelah melakukan cek Windows ori bajakan, ternyata hasilnya tidak asli, tentu muncul pertanyaan. Apakah dengan menggunakan OS non asli aman, atau sebaliknya. Sebenarnya menggunakan software bajakan riskan akan beberapa bahaya seperti:

  1. Melanggar Hukum

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan jika memakai software bajakan adalah hukum. Software bajakan adalah illegal, dan diatur pemakaiannya oleh Undang-Undang khusus. Jika Anda terus memakainya, bukan tidak mungkin akan tersangkut kasus hukum.

  1. Komputer Riskan Error

Operating system merupakan nyawanya komputer. Jika yang dipakai tidak asli, perangkat berisiko tidak berfungsi. Ada beberapa kasus dimana komputer error karena menggunakan software bajakan. Misalnya terkunci, tidak bisa mengerjakan beberapa perintah, dan masih banyak lagi.

  1. Keamanan Tidak Terjamin

Risiko jika menggunakan Windows bajakan berupa keamanan yang rapuh. Microsoft berusaha memberikan user experience yang memuaskan. Security system menjadi hal utama yang dibangun agar komputer tidak rentan pembajakan.

Bayangkan jika Anda menggunakan software bajakan. Segala update tentang keamanan tidak akan diperoleh. Tentu hal ini merugikan, mengingat banyak sekali malware yang bisa masuk ke perangkat.

Ternyata melakkan cek Windows ori bajakan tidaklah sulit. Tidak perlu sampai memanggil teknisi, karena Anda bisa melakukannya secara mandiri. Jangan lupa kunjungi website patriciamollie.com, untuk tahu info dan tips gadget lainnya.