Cara Cepat Mengajarkan Anak Membaca Iqro

Anak diibiratkan sebagai sebuah spons yang mana mampu menyerap seluruh pembelajaran dengan baik. Maka dari itu mengajarkan si kecil tentang amalan atau cara beribada dalam agama Islam perlu dilakukan sejak usia dini. Salah satu hal yang perlu diajarkan kepada anak yaitu mengaji.Anda bisa memulai mengajari anak Anda membaca iqro terlebih dahulu.

Iqro merupakan salah satu tahap yang paling dasar dalam belajar membaca Al-Qur’an.Sebab, iqro biasanya lebih mudah untuk dipahami karena bacaannya cenderung sederhana.Maka dari itu iqro ini sangat cocok diajarkan untuk si kecil. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengajarkan anak membaca iqro, Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Kenalkan huruf ijaiyah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu perkenalkan huruf ijaiyah kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, menggunakan gambar-gambar huruf hijaiyah berbagai warna yang mana di tempelkan pada dinding kamar atau ruangan.Sehingga anak mudah mempelajarinya.

 

  • Pengulangan setiap hari

Membaca iqro memang memiliki metode yang berbeda dibandingkan dengan cara menjari anak membaca. Hal ini dikarenakan selain bukan bahasa formal sehari-hari, huruf hijaiyah juga sedikit sulit. Sehingga anak akan lebih lupa menghafalkannya. Nah, untuk mencegahnya, Anda bisa mencoba untuk meminta anak membacanya berulang kali.

Selain kedua hal diatas, berikan juga metode belajar membaca iqro yang seru pada anak.misalnya, mengajarkan anak mengaji menggunakan metode kuis. Dengan cara menunjukkan huruf hijaiyah dan bertanya pada si kecil bagaimana pelafalannya, kemudian berikan reward kecil atau pujian untuk sang anak.