Anti Gagal! Begini Cara Install WordPress dan Cara Mengganti Temanya

Kata WodPress sudah tidak asing lagi di kalangan bloger atau pebisnis. WordPress sendiri menjadi jalan untuk mereka yang berkeinginan untuk memiliki website. Namun untuk mewujudkannya seseorang harus mengunduh WordPress terlebih dahulu.

Aplikasi WordPress ini bisa diunduh secara gratis melalui situs resminya. Ini akan memberikan keleluasaan bagi anda untuk bisa menikmati berbagai macam fitur untuk menulis sebuah blog yang menarik.

Cara Instal WordPress dengan Mudah

Menginstal WordPress bukanlah hal yang sulit dilakukan. Asal bisa mengikuti prosedur dari awal hingga akhir mengiinstalnya tidak mengalami kegagalan. Hanya dalam hitungan menit saja, WordPress tersebut langsung bisa keunduh.

  1. Unduh Melalui Website

Cara Instal WordPress dapat dilakukan dengan cara membuka website untuk mengunduh WordPress. Adapun untuk websitenya bisa melalui http://WordPress.org/download. Website ini bisa menjadi jembatan utama bagi Anda yang ingin memiliki website sendiri di WordPress.

  1. Buka Menu cPanel

Menu cPanel menjadi pengantar seseorang agar bisa melakukan pendaftaran ada akun WordPress. Di dalam menu tersebut tersedia tampilan untuk mengisi identitas. Tanda pengenal untuk bisa masuk terdiri dari username dan password.

Namun sebelum mengisi data diriseperti yang sudah disebutkan di atas, terlebih dahulu untuk berkunjung ke website kedua. Adapun alamat websitenya adalah www.namaanda.cm/cpanel. Setelah satu kali klik, barulah diarahkan untuk mengisi data lengkap sesuai dengan arahan.

  1. Simak Aplikasi Pengelola File

Buka apikasi pada pengelola file yang di dalamnya berisi ‘public-html’. Anda bisa mengupload file WordPress tersebut yang berbentuk zip. Kemudian estrak WordPress untuk dapat digunakan. pilih menu Select All.

Pilih tulisan move atau move file lalu hapuslah kata ‘WordPress’ untuk dapat dialihkan ke folder ‘public-html”. Buka kembali folder WordPress. Buat database agar WordPress bisa bekerja dengan baik. Kembalilah ke cPanel untuk membuka aplikasi “MySQL Database”.

  1. Bikin Database dan User Baru

Ini penting dilakukan supaya Anda bisa mendapatkan website. Lengkapi data ‘username’ dan password yang sudah disiapkan pada MySQL Database. Gunakan campuran huruf dan agka untuk menjaga keamanan.

Selanjutnya cari menu ‘Add User to Database’ dan lengkapi data dengan baik dan benar. Agar bisa memiliki website, klik menu ‘instal WordPress’ pada laman yang tersedia. Tunggu beberapa saat dan WordPress Anda bisa digunakan.

Cara Mengganti Tema WordPress

Tema adalah bagian yang tidak kalah dari pembuatan WordPress. Seharusnya tema disesuaikan dengan isi website yang dibuat agar keduanya bisa membuat halaman website lebih menarik. Adapun cara mengganti tema WordPress dapat dilakukan dengan cara:

  1. Masuk ke halaman admin WordPress.
  2. Pilih menu Appearance kemudian themes dan pergi ke menu ‘Add New’.
  3. Temukan template sesuai dengn keinginan kemudian klik menu ‘install’.
  4. Jika sudah selesai, tekan menu ‘Activate’.
  5. Tema WordPress sudah diganti.
  6. Adapun untuk melihat perubahan tersebut bisa dengan masuk pada websitenya sendiri.

 

Sekedar info, file untuk mengunduh WordPress seperti yang sudah dijelaskan di atas berbentuk zip. Jika Anda mendownloadnya di ‘smartphone’ pastikan bahwa ponsel Anda mendukung file berbentuk zip agar bisa dibuka.

Penjelasan secara detail mengenai berbagai macam aplikasi untuk blog bisa dilihat di laman website https://teknopax.com/ . Ini merupakan sebuah website resmi yang berisi mengenai berbagai macam informasi terbaik teknologi dan dunia blog. Ada banyak sekali informasi yang bisa anda peroleh melalui website ini. Selain itu, website ini juga menyediakan berbagai macam tips menarik untuk membuat blog yang bisa diikut.