Bagaimana Cara Melatih Anak Berbicara?

Mendengarkan si kecil pada saat akan belajar bicara adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Apalagi berbicara menjadi salah satu tumbuh kembang yang dinantikan oleh para orang tua. Meskipun ucapannya belum lancar dan belum jelas, semua orang tua harus sabar untuk membantunya agar bisa berbicara dengan jelas, baik dan benar. Sebab, setiap usia anak yang bertambah maka ada juga kemampuan baru yang mereka ciptakan.

Biasanya, seorang anak mulai bisa berbicara pada saat usianya sudah menginjak 5 bulan. Namun, pada usia ini sang anak baru bisa mengucapkan beberapa patah kata saja. Disinilah peran para orang tua untuk membantunya belajar berbicara agar ucapannya lebih jelas. Cara yang bisa pastinya dengan mengajak mereka untuk berbicara karena anak bisa membaca dan memahami irama dari kata yang diucapkan oleh orang dewasa.

Usahakan untuk melakukan kontak mata pada sang anak. Hal ini menunjukkan bahwa sebgai orang tua sangat mendengarkan dan peduli terhadap apa yang dikatakan oleh sang anak. Dengan car aini maka sang anak pun akan lebih percaya diri dalam mengucapkan kata-kata karena merasa dihargai dengan apa yang sudah diucapkan. Ajaklah berbicara dan melakukan pembetulan pada setiap kata dan kalimat yang diucapkan oleh anak untuk mereka mudah dalam mengikuti apa yang seharusnya diucapkan dengan baik dan benar.