Cara Membersihkan Marmer Agar Tahan Lama Dan Tidak Kusam

Agar marmer tidak terlihat kusam, tentunya diperlukan untuk melakukan perawatan pada bahan ini. Perawatan yang mudah dilakukan untuk bahan marmer ini salah satunya dengan cara membersihkan marmer secara rutin. Selain dapat menghilangkan noda yang menempel pada permukaan marmer, membersihkan marmer secara rutin agar material marmer anda awet dan terlihat mengkilap.

Dikarenakan bahan ini cukup mahal harganya, tentunya anda diharuskan hati-hati dalam menggunakannya dan juga melakukan perawatan dan pembersihan pada marmer tersebut. Untuk melakukan perawatan seperti pemolesan pada bahan marmer tentunya masyarakat akan membutuhkan jasa poles marmer, sedangkan untuk membersihkan barang marmer bisa dilakukannya sendiri dengan mudah oleh pemilik bahan marmer tersebut.

 

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Bahan Marmer

Sebelum anda mengetahui tata cara membersihkan marmer, alangkah baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ketika anda membersihkan bahan marmer anda.

  1. Jangan menggunakan bahan yang memiliki zat hidrogen peroksida terlalu banyak. Dikarenakan zat ini merupakan zat kimia yang berbahaya yang dapat membuat sesak pada pernapasan bahkan hingga kerusakan pada paru-paru anda jika terhirup oleh anda.
  2. Gunakan pengkilap khusus untuk bahan marmer setelah bahan tersebut sudah dibersihkan dan juga dikeringkan.
  3. Keringkan bahan marmer yang telah dibersihkan dengan cara didiamkan selama 1 hingga 2 jam, agar proses pengeringan ini dilakukan dengan cara sendirinya.
  4. Jangan membiarkan cairan hidrogen peroksida berada pada bahan marmer anda terlalu lama. Dikarenakan cairan tersebut bila dibiarkan terlalu lama pada marmer anda membuat warna gelap yang ada pada bahan marmer anda menjadi cepat pudar dan tersamarkan.
  5. Untuk membersihkan bahan marmer, gunakan kain lap yang sifatnya lembut.

Cara Membersihkan Marmer Agar Tahan Lama dan Tidak Kusam

Tahukah anda bahwa banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan marmer? Untuk lebih lanjut, berikut ini beberapa cara untuk membersihkan bahan marmer anda.

  1. Menggunakan sabun untuk cuci piring

Ternyata sabun yang biasa anda gunakan untuk mencuci piring dapat digunakan juga untuk membersihkan bahan marmer anda. Terbukti dengan menggunakan sabun cuci piring, dapat membuat bahan marmer pada bangunan anda akan tetap terlihat mengkilap. Anda cukup melarutkan sabun cuci piring secukupnya dengan air. Kemudian larutan tersebut digunakan untuk membersihkan marmer anda dengan menggunakan kain lap yang lembut. Setelah selesai, diamkan hingga 10 menitan agar mengering terlebih dahulu. Kemudian langkah terakhir lap kembali marmer yang dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang bersih dan juga kering.

  1. Pembersih khusus untuk bahan marmer

Membersihkan marmer dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk bahan marmer tentunya sangat aman dan juga cocok pada bahan marmer anda. anda hanya perlu melarutkan 1 tutup botol cairan pembersih khusus tersebut pada air hingga benar-benar sudah tercampur merata dengan air. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan furniture marmer anda yang kotor, jangan lupa untuk melakukannya menggunakan kain yang lembut. Langkah terakhir, jika sudah selesai tunggu 10 sampai dengan 15 menit agar mengering dengan sendirinya.

  1. Menggunakan baking soda

Baking soda merupakan bahan yang mudah ditemukan dan juga murah dipasaran. Baking soda juga terpercaya mampu membersihkan peralatan rumah tangga, termasuk salah satunya yang berbahan marmer. Caranya untuk membersihkan marmer dengan bahan yang satu ini ialah campurkan 1 sendok makan baking soda pada air hingga merata. Kemudian campuran tersebut gunakan untuk membersihkan marmer anda dengan kain yang bersifat lembut. Setelah itu biarkan hingga mengering.