Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda Di Microsoft Powerpoint Anti Ribet

Dalam urusan pekerjaan biasanya perlu untuk melakukan presentasi. Ini digunakan untuk menjelaskan mengenai program kerja maupun hasil dari pekerjaan. Banyak media yang digunakan untuk melakukan presentasi salah satunya adalah Microsoft PowerPoint.

Microsoft Powerpoint sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk berbagai macam aktivitas. Salah satunya juga digunakan untuk membuat sebuah kuis pilihan ganda yang dijadikan sebagai pedoman untuk penilaian.

Mengenal Microsoft Powerpoint dan Kegunaannya

Microsoft Power point merupakan salah satu paket layanan office yang ditawarkan oleh Microsoft yang mana berguna untuk membuat berbagai slide presentasi. Tidak hanya itu ternyata ini juga bisa digunakan untuk membuat puisi misalnya saja game yang tidak kalah menariknya. Aplikasi tersebut banyak digunakan oleh orang-orang kantoran maupun pebisnis bahkan para pendidik maupun peserta didik juga banyak yang menggunakannya salah satunya untuk sarana presentasi.

Cara Membuat Kuis dengan Microsoft Powerpoint

Selain digunakan untuk membuat presentasi ternyata PowerPoint juga digunakan sebagai Visual basic application. Ini digunakan untuk melakukan penskoran evaluasi cara membuat kuis pilihan ganda melalui aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pertama-tama bukalah Microsoft Powerpoint yang terdapat di dalam komputer maupun laptop
  2. Tentukan tema slide kuis yang akan dibuat dan diinginkan
  3. Buatlah soal kuis dengan cara menuliskan berbagai macam pertanyaan yang ingin ditanyakan
  4. Pada slide ke 2,3,4 seterusnya buatlah berbagai pertanyaan kuis pilihan ganda
  5. Kemudian pada slide terakhir buatlah slide untuk melakukan pengecekan skor jawaban dari kuis.
  6. Apabila setelah selesai kemudian tekan tombol alt+f11. Ini akan muncul jendela Microsoft Visual pada layar komputer.
  7. Pada menu Microsoft Visual basic klik lah insert lalu pilihlah opsi module
  8. Sebelum melakukan pengisian modul anda harus mengetik sedikit coding program notepad dapat dilihat di situs Lewatin Aja.
  9. Setelah selesai kemudian simpanlah di komputer
  10. Buka kembali Microsoft Visual basic dan kemudian copy program tersebut
  11. Bukalah kembali menu Microsoft Powerpoint lalu klik button Start pada slide 1. Setelah itu klik menu insert dan pilihlah action
  12. Klik opsi Run Macro kemudian pilihlah opsi mulai kuis
  13. untuk soal pilihan ganda maka klik opsi button jawaban benar dan lakukan seperti beberapa cara di atas tapi hanya pada bagian run macro menjadi pilihan yang benar. Sementara itu pada opsi button jawaban yang salah.
  14. Pada bagian slide terakhir digunakan untuk memilih skor jawaban. Caranya adalah dengan mengklik opsi button nilai setelah itu lakukanlah langkah sama dengan di atas
  15. Apabila semuanya sudah selesai maka anda bisa mengikuti tes kuis tersebut dengan cara mengklik opsi slide show atau dengan menekan tombol F5
  16. Langkah terakhir adalah menyimpan file dan mengubah type jadi PowerPoint enable template.

Itulah tadi berbagai macam cara untuk membuat kuis pilihan ganda melalui Microsoft PowerPoint. Untuk berbagai macam cara di atas bisa diaplikasikan dengan menggunakan PowerPoint 2013. Untuk jenis PowerPoint 2004, 2007 , 2010 hanya tinggal menyesuaikan saja.

Bagian artikel mengenai cara membuat kuis pilihan ganda menggunakan PowerPoint.. semoga artikel ini dapat mendatangkan manfaat serta membantu Anda untuk membuat kuis maupun presentasi dengan menggunakan PowerPoint. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mengikuti berbagai macam langkah di atas. Sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan khususnya dalam bidang penilaian atau digunakan untuk mengerjakan tugas. Jadi, selamat mencoba ya.