Cara Membuat Taman Depan Rumah dengan Pemanfaatan Lahan Terbatas

 

Apakah Anda memiliki lahan kosong? Lebih baik memanfaatkannya sebagai taman. Ini menjadi salah satu cara untuk membuat rumah nampak lebih segar dan asri. Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat sebuah taman rumah yang indah yaitu :

  1. Perencanaan

Ketika membuat sebuah taman maka harus melalui perencanaan. Hal ini agar taman lebih matang dan rapi. Anda bisa memulainya dengan mendesain taman yang diinginkan dan menentukan fungsi ke depannya.

Misalnya saja hanya untuk sekedar hanya untuk lahan  hijau dengan berbagai macam tumbuhan atau taman yang digunakan untuk bersantai lengkap dengan kursi tamannya maupun kolam ikan. Usahakan lahan yang dipakai untuk pembuatan taman bukan merupakan jalan utama rumah. Hal ini agar tidak terinjak-injak oleh sembarangan orang. Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan beberapa penempatan batu untuk pijakan.

  1. Memilih Lokasi Tanam

Pada saat membuat taman tentu saja tidak semata-mata agar membuat pemandangan menjadi lebih indah. Akan tetapi anda juga perlu memikirkan letak penempatannya. Perhatikanlah dengan baik pencahayaan supaya lebih sehat sirkulasi udaranya.

  1. Mempersiapkan Lahan

Setelah membuat sebuah perencanaan tentu saja harus menentukan lokasi lahannya. Pada dasarnya ada dua tahap yang harus dilakukan dalam persiapan tersebut yaitu pembersihan lahan dan peningkatan kualitas dari lahan.

Bersihkanlah dulu lahan yang ingin dijadikan taman dari sampah khususnya sampah plastik. Anda juga harus memindahkan benda-benda yang mengganggu dan pastikan lahan benar-benar kosong. Setelah itu masuk dalam proses penggemburan tanah dengan cara mencangkul agar air serta Oksigen dapat tersebar secara merata. Jangan lupa juga penambahan pupuk.

  1. Pemilihan Tanaman

Pemilihan  tanaman untuk taman tidak boleh hanya sebatas suka saja. Anda harus mempertimbangkan iklim, kondisi cuaca dan juga pencahayaan. Jika anda merasa bingung maka Pilihlah tanaman yang sekiranya cocok.

Setelah proses pemilihan tanaman maka tanaman tersebut dan rawatlah secara teratur supaya bisa tumbuh dengan baik. Dengan taman yang dirawat maka akan membuat suasana menjadi lebih asri dan lebih menenangkan.