5 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala Sendiri di Rumah

Paling tidak ada 5 cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Usaha terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum membawa HP ke tempat service.

HP Android yang tidak bisa menyala tentunya bukan tanpa sebab. Ada cukup banyak faktor penyebabnya. Mulai dari yang ringan hingga yang serius. Namun terlepas dari itu semua, ingat untuk tidak panik jika tiba-tiba HP milik Anda tidak bisa menyala.

Ada baiknya untuk mencoba memperbaikinya dengan trik yang akan dibagikan di sini. Namun sebelum membahas seperti apa trik memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala, ada baiknya untuk tahu apa penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab HP Android Tidak Bisa Menyala

HP Android tidak bisa menyala bisa disebabkan ada masalah pada software (sistem) atau hardware (komponen). Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab HP Android tidak bisa menyala:

  1. Adanya bug pada sistem. Sistem pada HP Android yang tidak stabil bisa mengakibatkan HP tidak mau menyala. Biasanya hanya bergetar jika diaktifkan.
  2. HP Android terlalu panas. Penggunaan HP terlalu lama seringnya akan menyebabkan perangkat menjadi panas. kondisi ini juga bisa menyebabkan HP tidak bisa menyala.
  3. Usia HP Android terlalu lama. HP Android dengan jangak pemakaian di atas 2 tahun juga bisa berpotensi mengalami masalah ini.
  4. Adanya masalah pada integrated circuit(IC) power HP Android.
  5. Layar HP Android mengalami kerusakan.
  6. HP Android jatuh atau terkena air yang mengakibatkan korsleting.

Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

Mengutip dari website efyei, berikut 5 cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala:

  1. Cas Selama Beberapa Menit

Jika HP Android tiba-tiba mati, coba cas 5-10 menit terlebih dahulu. Setelah itu coba hidupkan kembali. Jika ternyata tidak bisa dicas, kemungkinan pertama charger mengalami kerusakan. Coba Anda gunakan charger lain. Setelah itu lihat apakah muncul indikator pengisian baterai ataukah tidak.

Kemungkinan kedua adalah baterai HP Android benar-benar habis, sehingga butuh waktu cukup lama untuk memulai pengisian baterai. Bisa jadi akan memakan waktu hingga berjam-jam.

  1. Tekan dan Tahan Tombol Power Bersamaan

Cara berikutnya adalah tekan dan tahan tombol power secara bersamaan selama satu menit. Cara kedua ini sering digunakan pada HP Android yang tombol power-nya rusak. Sehingga butuh tekanan lebih untuk menghidupkannya.

Jika masih saja tidak berhasil, coba Anda tekan dan tahan tombol power sambil mengisi baterai. Kemudian lihat apakah HP bisa menyala atau tidak.

  1. Lepas Baterai HP

Untuk saat ini rata-rata HP Android sudah menggunakan baterai tanam. Tetapi, jika HP Anda belum menggunakan baterai tanam, cara ketiga ini bisa Anda pilih. Setelah dilepas, diamkan baterai selama beberapa menit. Kemudian pasang kembali lalu tekan tombol power.

  1. Ganti dengan Baterai Lain

Jika cara ketiga tidak berhasil, coba Anda ganti dengan baterai lain. Tindakan ini dimaksudkan untuk memastikan apakah kerusakan berasal dari port charger. Nah, jika setelah diganti HP bisa menyala, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada port charger tersebut.

  1. Flash Ulang HP Android

Flash adalah proses install ulang OS Android yang ada pada HP. Untuk Anda yang tidak yakin bisa melakukannya sendiri, ada baiknya jangan coba-coba. Sebab jika gagal, HP berpotensi mati total. Jika tidak yakin ada baiknya untuk dibawa ke tempat service HP saja.

Itulah beberapa penyebab kenapa HP Android tidak bisa menyala. Jika mengalami permasalahan tersebut, coba perbaiki dengan memilih salah satu cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala di atas.