Bagaimana Cara Memperbaiki Hp Android yang Tidak bisa Menyala

 

Masalah smartphone yang tidak mau menyala pastinya sudah kerap terjadi bagi para pengguna sistem operasi android. Tidak hanya itu saja, hal tersebut pastinya juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Belum lagi jika kamu membutuhkan smartphone tersebut dalam keadaan genting tentunya siapa yang tidak kebingungan apabila tiba-tiba perangkatnya tidak dapat dinyalakan. Sebelum mengetahui cara memperbaikinya, terlebih dahulu ketahui penyebab kenapa smartphonemu bisa mati.

 

Apa Penyebab Smartphone Android Tidak Bisa Hidup?

 

Gadgetinku, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa masalah smartphone androidmu tadi bisa mati. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui cara memperbaikinya jika sudah mengetahui penyebabnya. Beberapa penyebab kenapa smartphone androidmu mati bisa diakibatkan karena softwarenya mengalami kerusakan, terkena air, ngelag, kesalahan dalam modifikasi sistem, konslet, hingga baterai sudah rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa tips yang ada di bawah ini supaya nantinya smartphone android milikmu tadi dapat hidup kembali tentunya.

 

Ini Dia Cara Mengatasi Smartphone Android yang Tidak Bisa Hidup

 

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa smartphone androidmu tadi, maka kamu bisa mengikuti tips yang ada di bawah ini. Dengan begitu, smartphone android milikmu tadi bisa segera hidup kembali dan beroperasi seperti biasanya.

 

  1. Lakukan pengisian daya baterai

 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu apabila smartphone androidmu tadi tidak menyala yaitu dengan melakukan pengisian daya baterai. Sebab, bisa jadi ternyata smartphone androidmu tadi kehabisan baterai sampai nol persen. Maka dari itu, kamu bisa langsung mencharger smartphone androidmu tadi tentunya. Namun, apabila ternyata masih tidak menyala maka itu tandanya ada yang bermasalah dengan sistem smartphonemu.

 

  1. Periksa layar smartphone

 

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan apabila smartphonemu tadi masih tidak mau menyala tidak lain yaitu dengan memeriksa layarnya. Biasanya, smartphone android yang tidak mau hidup kerap mengalami masalah di bagian layarnya. Untuk mengetahui layar smartphone androidmu tadi bermasalah atau tidak, coba tekan tombol power tersebut selama kurang lebih 30 detik dan tunggu reaksinya. Apabila ternyata smartphonemu tadi bergetar namun layarnya tidak menampilkan proses booting, maka sudah jelas jika layarnya bermasalah.

 

  1. Lakukan reset factory

 

Jika kedua cara di atas tadi memang benar-benar tidak berhasil, maka mau tidak mau kamu harus melakukan tips yang ketiga ini. Meskipun terbilang sedikit rumit namun biasanya langkah yang ketiga ini merupakan solusi terakhir jika semua usaha yang dilakukan tidak berhasil. Umumnya smartphone android yang menggunakan langkah reset factory ini kerap mengalami masalah di bagian proses bootingnya sendiri. Dimana smartphonemu tadi kadang menyala tetapi kadang juga hanya terjebak pada proses booting saja. Bahkan, bisa saja smartphone androidmu tadi menyala lalu mati lagi. Dimana letak masalah dari smartphonemu tadi biasanya terdapat baga bagian software alias perangkat lunaknya.

 

Maka dari itu, mau tidak mau kamu harus segera melakukan reset factory di bagian recovery mode. Nantinya, seluruh data yang ada di dalam smartphone androidmu tadi akan terhapus secara otomatis seperti halnya saat membeli dalam keadaan baru. Untuk itu, kamu wajib melakukan back up alias memindahkan semua datamu terutama yang penting. Dengan begitu, nantinya kamu tidak akan kehilangan data-data yang penting itu tadi tentunya. Sebagai saran tambahan, kamu bisa memindahkan semua data tadi ke dalam memori eksternal seperti halnya harddisk ataupun flashdisk. Jika tidak, gunakan cloud atau sistem penyimpanan awan.