Tips dan Cara Memperkenalkan Diri Di Depan Kelas

Bagi seorang yang mulai masuk ke kelas yang baru di tahun ajaran baru biasanya akan ada satu sesi dimana mereka akan diminta untuk memperkenalkan dirinya di hadapan teman – temannya. Jika sebelumnya kalian sudah pernah melakukan sesi perkenalan diri mungkin kalian tidak akan merasa takut atau grogi berbicara di depan umum.

Tapi bagi kalian yang baru pertama kali melakukan ini mungkin aka nada rasa takut dan sedikit cemas ketika akan memperkenalkan diri. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi rasa cemas dan takut ini adalah dengan mempelajari cara – cara untuk memperkenalkan diri di depan kelas.

Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memperkenalkan diri di depan kelas:

Berdiri ketika nama kalian dipanggil untuk memperkenalkan diri

Dengan berdiri maka ini akan menambah rasa percaya diri kita serta akan membantu kita untuk bisa berbicara dengan lebih jelas lagi jika dibandingkan dengan ketika kita masih duduk.

Percaya atau tidak bahwasannya jika kita melakukan perkenalan diri dengan berdiri meskipun mungkin terasa canggung namun proses perkenalan diri kita akan lebih cepat daripada ketika kita melakukannya dengan duduk.

Sapalah teman atau anggota yang lain dengan cara menoleh ke kanan dan ke kiri

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk sedikit mengurangi rasa takut ketika memperkenalkan diri di depan kelas adalah dengan menyapa teman yang lainnya. Jika posisi kalian ketika memperkenalkan diri berada di tengah – tengah.

Maka jangan hanya terfokus pada mereka yang berada di depan kalian saja namun jangan lupa untuk memperhatikan di sebelah kanan dan kiri kalian. Hal ini dimaksudkan agar seluruh anggota kelas dapat melihat wajah kalian serta diharapkan kedepannya mereka akan menyapa atau mengajak berkomunikasi.

Senyum untuk menutupi kegugupan kalian

Jangan lupa untuk tersenyum ketika berbicara, karena dengan senyum maka suara kita akan terdengar lebih tenang. Sehingga nantinya rasa gugup dalam diri kita akan hilang atau setidaknya sedikit berkurang.

Selain itu dengan tersenyum maka kita juga menunjukkan kepada guru serta teman – teman sekelas bahwasannya kita ini adalah orang yang mudah diajak ngobrol dan orang yang ramah. Tahukah kalian kalua tersenyum ternyata bisa merangsang produksi hormone endorphin yakni hormone yang membuat kita merasa lebih bahagia.

Berbicara dengan tenang dan percaya diri

Percaya diri memang sulit untuk dilakukan namun dapat diupayakan. Anggap saja jika teman kalian ini merupakan orang yang sebelumnya sudah kalian kenal meskipun sebenarnya kalian belum mengenalnya sama sekali.

Atur nafas kalian dengan stabil supaya lebih tenang ketika berbicara. Salah satu cara yang dapat kita lakukan sebelumnya untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan berlatih berbicara di depan cermin, dengan begitu kita akan melihat seperti apa mimik wajah kita yang nantinya ya itu yang akan orang lain lihat ketika kita sedang berbicara sehingga sebelumnya kita dapat mengoreksi atau membenahi bagian mana saja yang perlu untuk dilakukan perbaikan.

Sebutkan terlebih dahulu nama kalian

Dalam bagian ini kita juga harus memperhatikan alangkah lebih baiknya ketika memperkenalkan diri yaitu dengan menyebutkan terlebih dahulu nama depan kita.

Kemudian ambil jeda barulah kemudian sebutkan nama depan dan belakang kalian atau nama lengkap kalian. Sebagai contoh “Halo, nama saya Andri, Andri Siswanto”. Hal ini dimaksudkan agar orang akan lebih mudah dalam mengingat nama kalian jika bertemu di kemudian hari.

Jika kamu ingin masuk kelas internasional mungkin cara perkenalan diri dalam bahasa inggris yang diajarkan Visitpare.com bisa bermanfaat untuk kamu.