Cara Mengatasi Demam Pada Balita

Saat anak demam, pastinya orang tua akan merasa panik dan khawatir jika anak terkena penyakit yang serius. Padahal sebenarnya gejala demam pada anak merupakan reaksi tubuh bahwa sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh anak.

Tetapi karena khawatir demam anak yang sangat tinggi, ibu bisa menerapkan beberapa cara mengatasi demam pada balita dengan metode berikut ini.

1. Kompres Air Hangat

Cara mengatasi demam pada balita yang cukup efektif untuk ibu terapkan adalah dengan memberikan kompres air hangat kepada anak. Ibu bisa melakukan kompres air hangat ini ke bagian lipatan sekalangan dan ketiak anak selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.

2. Obat Penurun Demam

Selain itu jika demam anak lebih dari 38 derjat celcius ibu bisa memberikan anak obat penurun panas. Ibu bisa membeli obat penurun demam khusus anak di apotik, dan berikan dosisi yang sesuai dengan usia anak. Atau yang terbaik periksakan anak ke dokter anak jika demam lebih dari 38 derajat celcius jika ingin mendapatkan obat penurun demam yang lebih terpercaya dan aman.

3. Asupan Makanan Sehat

Cara mengatasi demam pada balita selanjutnya orang tua harus memberikan anak asupan makanan sehat. Berikan anak nutrisi yang terbaik, jika anak masih minum ASI berikan ASI sesering mungkin agar anak bisa melawan infeksi dengan lebih baik. Untuk anak yang sudah makan makanan pada bisa diberikan sup ayam, sayur dan buah-buahan.

4. Asupan Cairan Yang Cukup

Saat anak balita demam ada kemungkinan anak kehilangan banyak cairan di dalam tubuh. Maka dari itu orang tua harus selalu memberikan asupan cairan yang cukup kepada anak saat demam. Berikan banyak minum air putih atau ASI pada anak saat mereka demam.