Wajib Dipelajari: 4 Cara Mengatasi Gagal Scan Barcode Whatsapp Web  

Whatsapp web adalah salah satu terobosan baru yang menguntungkan. Pengguna tidak perlu menginstall whatsapp di laptop, cukup membukanya di browser dan akan tersinkronisasi dengan smartphone lewat scan barcode. Namun, kadang pengguna gagal saat melakukan scan barcode tersebut. Berikut empat cara mengatasi gagal scan barcode whatsapp web.

4 Cara untuk Mengatasi Gagal Scan Barcode di Whatsapp Web

  1. Memastikan Koneksi Internet Baik

Permasalahan utama yang biasanya menyebabkan terjadinya kegagalan proses scan barcode adalah koneksi internet. Karena whatsapp web membutuhkan sinkronisasi dari dua device, yaitu smartphone dan laptop, maka keduanya harus sama-sama memiliki koneksi internet yang bagus. Hal ini juga akan berpengaruh pada proses scan barcode pada whatsapp web.

Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan data atau wifi yang stabil untuk bisa menscan barcode whatsapp web. Karena whatsapp web harus mensinkronisasi data dari smartphone lewat proses scan barcode ini, sehingga jika koneksi internet stabil, maka prosesnya akan lebih cepat. Anda bisa mengecek koneksi internet di kedua device jika proses scan barcode gagal dilakukan.

  1. Memastikan Barcode Terlihat Jelas

Cara mengatasi gagal scan barcode whatsapp web selanjutnya adalah gambar barcode. Dimana barcode adalah bentuk visualisasi dari sebuah data, dimana di setiap bentuk dan ukuran kode akan merepresentasikan data yang akan diperlihatkan. Selain itu, barcode ini hanya bisa dibaca oleh sistem mesin. Barcode ini juga digunakan untuk kepentingan login pada whatsapp web.

Karena bentuk barcode yang berupa gambar atau garis, maka proses scan barcode pada whatsapp web bisa gagal jika barcode tidak terlihat jelas. Untuk itu, jika terjadi kegagalan scan barcode, anda bisa melihat apakah barcode sudah terlihat jelas di scanner, yaitu kamera smartphone jika di whatsapp web. Anda bisa membersihkan kamera agar barcode terlihat jelas.

  1. Menggunakan Browser yang Tepat

Browser juga berpengaruh pada kelancaran proses login di whatsapp web. Cara mengatasi gagal scan barcode whatsapp web yang lain adalah dengan melihat browser yang digunakan. Hal ini dikarenakan beberapa browser membutuhkan waktu tertentu untuk mensinkronisasi data dari whatsapp di smartphone ke whatsapp web di laptop.

Untuk mengatasi masalah seperti itu, anda bisa mencoba browser lain untuk membuka whatsapp web. Jika sudah berhasil, anda bisa melihat browser mana yang merespon lebih cepat dan meminimalisir kegagalan scan barcode saat membuka whatsapp web. Karena saat ini ada banyak sekali browser yang mendukung penggunaan whatsapp web ini.

  1. Memastikan Smartphone Merespon dengan Baik

Cara lain untuk mengatasi kegagalan ini adalah dengan melihat apakah smartphone merespon dengan baik. Dimana banyak faktor dari smartphone yang bisa mempengaruhi proses scan barcode ini. Mulai dari aplikasi whatsapp versi lama,  penuhnya memori sehingga mengurangi kinerja smartphone, hingga baterai yang menipis.

Untuk itulah, cara mengatasi gagal scan barcode whatsapp web selanjutnya adalah anda harus memastikan bahwa smartphone merespon dengan baik aplikasi ini. Anda bisa mengisi baterai jika sudah menipis, membersihkan memori internal, atau merestart smartphone jika perlu. Dengan begini, kemungkinan bisa membantu kelancaran proses scan barcode.

Secara garis besar, whatsapp web dinilai menguntungkan untuk pengguna. Namun, dibalik itu kerap terjadi kesalahan seperti gagal scan barcode. Anda bisa mencoba langkah-langkah di atas jika menemui kendala semacam itu. Selain itu, anda bisa mencoba mengunjungi stophoax.id untuk mendapatkan cara dan tips lainnya tentang teknologi dan lifestyle terkini!