Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Tanpa Menggunakan Obat, Orang Tua Wajib Tahu!

Bayi yang sistem imunitasnya masih belum sempurna memang lebih rentan terserang penyakit, termasuk pilek. Meskipun sebenarnya pilek dapat sembuh dengan sendirinya, orang tua pasti khawatir apabila kondisi ini menimpa si kecil. Tidak perlu cemas, cara mengatasi pilek pada bayi berikut bisa anda lakukan bahkan tanpa menggunakan obat.

Mengatasi Pilek yang Menyerang Bayi

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Saat bayi pilek, anda perlu memastikan bahwa kebutuhan cairannya cukup sebagai cara untuk mengatasinya. Anda bisa memberikan ASI sesering mungkin untuk memenuhi kebutuhan cairan pada bayi berusia di bawah 6 bulan. Sementara untuk anak yang lebih besar bisa sambil diberikan minuman hangat seperti sup yang membuat tubuh berkeringat, sehingga ingus bisa mudah keluar.

  1. Menyedot Ingus Bayi

Dalam kondisi pilek, ingus yang penuh bisa membuat bayi menjadi sulit bernapas. Sehingga anda perlu membantu si kecil mengeluarkan ingusnya agar jalan napas kembali lancar. Caranya yaitu gunakan alat penyedot khusus untuk membuang lendir berlebih tersebut. Dan gunakan tetes hidung terlebih dahulu untuk mengencerkan ingus sebelum menyedotnya.

  1. Buat Tubuh Bayi Tetap Hangat

Sekarang sudah banyak balsam bayi yang beredar di pasaran. Balsam bayi ini bisa digunakan untuk membuat tubuh si kecil hangat. Dengan begitu tubuh menjadi berkeringat, sehingga rongga hidung lebih terbuka dan ingus tidak sampai menyumbat pernapasan. Membuat tubuh bayi tetap hangat juga dapat dilakukan dengan menyalakan pelembap udara di dalam ruangan.

Memberikan obat minum memang sebaiknya dipikirkan kembali apabila si kecil mengalami pilek biasa. Apalagi pilek merupakan kondisi yang bisa sembuh dengan sendirinya. Cara di atas dilakukan hanya untuk meringankan gejala dan membuat nyaman buah hati. Apabila kondisi pilek terus berlanjut, anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.