Beberapa Solusi dan Cara Mengatasi Suara Laptop Hilang

Laptop tidak saja sekedar menjadi perangkat untuk bekerja. Ada kalanya anda pun menikmati hiburan dari laptop anda sehingga anda perlu akses ke audionya. Baik itu anda cukup dengan speaker bawaan yang sudah ada dan terpasang di laptop anda atau dengan earphone dan perangkat eksternal, anda setidaknya perlu memastikan bahwa laptop anda berfungsi dengan baik dan suara bisa diproses dan dikeluarkan dengan media output yang ada. Namun, ada kalanya ketika suara laptop hilang sehingga ini cukup merepotkan bagi anda.

Suara laptop yang hilang ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Ada yang beranggapan bahwa itu karena internal speaker yang ada di dalam laptop itu rusak sehingga audio tidak berfungsi dan suara pun hilang Ada juga yang beranggapan bahwa jack headphone yang ada mengalami kerusakan.

Selain kendala dalam hal hardware tersebut, sebenarnya kendala bisa juga terjadi karena masalah di software yang mengatur dan mengelola sound system di laptop anda. Untuk hal ini, ada beberapa cara mengatasinya. Kalau ternyata ada hal lain yang menyebabkan hal itu terjadi, anda bisa mengecek solusinya di https://majalahgadget.net/.

Salah satu yang terjadi adalah pengaturan speaker di laptop anda yang masuk dalam mode atau pengaturan disable. Kalau sudah demikian, tentu suara tidak akan bisa muncul sama sekali karena pengaturannya dibuat agar sound system tidak bisa berfungsi. Solusinya adalah dengan menggantinya menjadi enable. Caranya adalah dengan masuk ke control panel.

Anda langsung saja melakukan pencarian dengan menu search dan masuk ke control panel. Ini bisa juga anda akses melalui Windows Explorer. Saat sudah ada di bagian control panel, anda mencari bagian Hardware and Sound dan memilih menu di bagian Sound karena pengaturannya adalah tentang suara. Ketika kotak dialog muncul di layar, anda bisa klik kanan pada bagian Speakers/Headphones dan di sana ada opsi enable. Anda cukup memilih enable tersebut dan mencobanya.

Kalau ternyata konfigurasi speakers anda sudah masuk ke mode enable tapi masih belum belum ada suara yang muncul, bisa saja masalahnya terkiat dengan driver audio yang perlu diperbarui. Untuk mengatasinya, kali ini anda tidak masuk ke bagian Control Panel tapi di bagian Device Manager dan ini bisa anda akses dengan menu Search.

Saat sudah ada di menu tersebut, anda mencari bagian Sound, Video, and Game Controllers. Anda double click bagian tersebut dan kemudian akan ditampilkan daftar audio yang tersedia dan terhubung di laptop anda. Anda langsung saja memilih salah satu di antaranya dan memilih menu Driver untuk kemudian melakukan update driver.

Anda sebaiknya menghubungkan laptop anda ke internet agar update bisa berjalan. Saat sudah selesai, anda bisa mencobanya. Selain update driver, anda bisa juga melakukan uninstall pada driver yang ada. Bisa saja, masalahnya bukan karena tidak update, tapi memang ada kerusakan pada driver. Untuk itu, anda cukup pilih uninstall driver dan kemudian restart laptop anda. Saat laptop sudah kembali menyala dan bisa digunakan, driver akan kembali terpasang.

Kalau beberapa cara itu ternyata tidak bisa juga, anda bisa mencoba menggunakan speaker eksternal. Bila ini pun masih belum berhasil, masalahnya bisa saja lebih parah dari itu. Untuk itu, anda memiliki dua opsi. Pertama, anda bisa melakukan install ulang untuk windows anda. Kalau anda tidak yakin dengan hal itu dan tidak siap dengan risikonya, anda sebaiknya membawa laptop anda ke tempat servis.