Bagaimana Cara Menjaga Kerukunan dengan Teman di Sekolah

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia terdapat suku, budaya  dan agama yang berbeda. Tentu sangat penting sebagai warga negara untuk hidup dengan rukun dan saling menghormati adanya perbedaan tersebut, tidak terkecuali di sekolah.

Sekolah merupakan tempat belajar sekaligus berinteraksi dengan orang lain yang mungkin banyak perbedaan satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kita perlu menanamkan sikap toleransi untuk menjaga kerukunan dengan teman di sekolah. Lalu bagaimana caranya? Simak artikel di bawah ini!

1.      Menghargai pendapat teman saat berdiskusi

Setiap guru memberikan tugas kelompok, dalam praktik bisa saja terjadi perbedaan pendapat, namun sebagai siswa yang baik maka sebaiknya selalu menghargai pendapat teman supaya kerukunan tetap terjaga.

2.      Tidak mengganggu teman

Terkadang ada saja siswa yang mengganggu atau merundung siswa lain. Sikap tersebut tentu tidak patut untuk dicontoh. Hal tersebut justru hanya akan memicu perpecahan dan ketidakrukunan di sekolah.

3.      Menghargai teman yang sedang beribadah

Jika memiliki teman yang berbeda agama dan mereka sedang beribadah maka jangan diganggu, seperti dengan tidak memutar musik yang keras, tidak bersuara keras, dan mengejeknya.

4.      Bersikap sopan

Cara menjaga kerukunan dengan teman di sekolah selanjutnya adalah dengan bersikap sopan. Dengan berperilaku sopan pastinya orang lain akan merasa dihargai sehingga menjadi jalan bagi terwujudnya kerukunan di lingkungan sekolah