Jangan Bingung, Ini Cara Menulis Per di Word Dengan Mudah

Ada kalanya kita harus membuat pecahan atau per di dokumen di Word. Terutama untuk pelajar dan mahasiswa, perhitungan pastinya tidak lepas dari materi atau tugas sehari-hari. Mulai dari angka pecahan, rumus, akar, pangkat dan lain sebagainya. Angka pecahan ini bisa Anda buat dengan mudah di Word tanpa membutuhkan aplikasi lain. Simak bagaimana cara menulis per di Word.

Cara Menulis Pecahan di Word

  1. Menggunakan Menu Equation

Anda bisa mengakali membuat pecahan hanya dengan garis miring di lembar kerja pada file Word Anda. Tapi kadang kala, menggunakan garis miring tidak terlihat rapi dan bagus. Oleh karena itu Anda wajib untuk menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Ms Word. Cara ini sama meski Anda menggunakan tipe Ms Word yang berbeda.

Pertama buka lembar kerja di Ms .Word kemudian pilih menu insert, setelah itu Anda akan menemukan menu Equation. Klik pada menu Equation di bagian kanan atas lembar kerja Anda, lalu pilih new Insert Equation agar Anda diarahkan ke pilihan yang lebih kompleks.

Setelah itu, cara menulis per di Word adalah Anda bisa memilih Fraction. Di menu ini Anda akan disuguhkan berbagai macam pilihan model pecahan yang diinginkan. Ada model pecahan atas bawah maupun pecahan model menyamping.

Pilih salah satu dengan klik dua kali, maka Fraction tersebut akan masuk ke dalam lembar kerja Anda. Isikan Fraction dengan angka atau bilangan pembilang dan penyebutnya. Klik bagian atas untuk mengisi nilai pembilang dan klik bagian bawah untuk mengisi bagian penyebut.

  1. Menggunakan Shortcut

Selain menggunakan pilihan di menu Equation, Anda bisa membuat pecahan di Word dengan memanfaatkan fitur Shortcut Equation. Pertama buka lembar kerja di Microsoft Word milik Anda, lalu tekan tombol ALT +  (+) pada keyboard.

Dengan menekan tombol tersebut, Anda akan secara otomatis diarahkan ke menu Equation. Pilih Fraction lalu pilih Stacked Fraction. Akan ada berbagai macam pilihan bilangan pecahan sesuai yang diinginkan.

Cara menulis per di Word ini sebenarnya sama dengan cara sebelumnya, hanya saja kali ini menggunakan tombol pada keyboard yang otomatis mengarahkan Anda langsung ke Fraction. Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa melakukannya sama seperti sebelumnya. Pilih salah satu pecahan kemudian isi dengan angka.

  1. Menggunakan Keyboard

Selain dua cara di atas, langkah satu ini dengan cepat memunculkan pecahan di Ms.Word. Hal ini berlaku untuk bilangan pecahan yang paling banyak dipakai, seperti ½, ¼, ¾. Anda bisa menggunakan shortcut berikut. Anda hanya perlu menahan tombol ALT lalu ketik angka (0189) untuk pecahan ½, dilanjut dengan kombinasi ALT + (0188) untuk pecahan ⅓, dan ALT + (0190) untuk pecahan ¾.

  1. Copy Paste

Cara menulis per di Word terakhir yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami kesulitan adalah memanfaatkan fitur copy paste. Anda bisa melakukan copy paste terhadap bilangan pecahan baik itu dari dokumen lain, pdf, ppt atau internet ke lembar kerja di Ms.Word yang Anda buat. Anda hanya perlu menekan CTRL + C untuk mengcopy, lalu CTRL + V untuk paste ke dokumen di Word.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat bilangan pecahan di Word. Cara di atas perlu untuk diingat, khususnya untuk para pelajar. Sebenarnya cara ini cukup mudah, hanya saja ada beberapa orang yang tidak tahu bagaimana caranya. Seperti juga masalah cara menghapus halaman kosong di word. Untuk itu, Anda terlebih dahulu harus belajar tentang komponen Ms. Word