Yuk Cari Tahu 5 Tahapan Cara Menyeduh Susu Formula Yang Benar!

ASI merupakan jenis minuman yang sangat penting bagi bayi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa mendukung pertumbuhan sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik. Namun ada kalanya, bunda kesulitan memenuhi kebutuhan ASI bayi sehingga memerlukan susu formula. Namun sudah tahukah anda bagaimana cara menyeduh susu formula yang benar? Yuk intip selengkapnya!

Tahapan Menyeduh Susu Formula Dengan Benar

  1. Menyiapkan Peralatan Yang Diperlukan

Saat ingin menyeduh susu formula, anda perlu mempersiapkan seluruh barang yang dibutuhkan agar lebih muda dijangkau. Beberapa peralatan yang wajib adalah adalah sendok takar, botol susu, dan thermometer. Pastikan juga lingkungan termasuk meja tempat membuat susu dalam kondisi yang bersih. Jangan sampai susu formula yang dibuat menjadi terkontaminasi.

Membawa susu formula dari satu tempat ke tempat lain untuk mengambil peralatan bukanlah hal yang baik. kotoran bisa saja masuk ke dalam kemasan dan membuat kualitas susu menjadi menurun. Akan lebih baik jika anda mempersiapkan semuanya agar anda tidak perlu riwa riwi sambil membawa botol atau susu di dalam genggaman.

  1. Membersihkan Peralatan Yang Hendak Digunakan

Setelah barang yang dibutuhkan sudah terkumpul, selanjutnya lakukan proses sterilisasi. Proses tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa peralatan tersebut terbebas dari kuman dan bakteri. Perlu anda ingat bahwa tubuh bayi masih sangat rentan sehingga sensitive dengan berbagai kontaminan.

Saat ini sudah ada alat khusus yang bisa anda gunakan untuk mensterilkan peralatan bayi. Peralatan tersbeut dilengkapi dengan sinar UV sehingga kuman dan bateri bisa benar benar hilang. Ada juga yang mekanismenya menggunakan bantuan air panas dan anda hanya perlu memasukkan peralatan tadi ke dalam steamernya saja.

  1. Gunakan Air Yang Mendidih

Komponen paling penting saat hendak membuat susu formula adalah air mendidih. Rebuslah air dan tutup panci selama 10 sampai 15 menit sampai suhunya turun secara perlahan. Adapun suhu terbaik untuk membuat susu formula adalah sekitar 70 derajat celcius. Suhu yang terlalu tinggi akan merusak protein dan vitamin sehingga manfaatnya tidak bisa dirasakan oleh tubuh.

Setelah air mendidih sudah siap, masukkan air ke dalam botol sesuai dengan takaran dalam cara membuat susu formula yang ada di kemasan atau karton susu. Umumnya di bagian sisi belakang botol sudah ada garis garis volume sehingga anda bisa menjadikannya sebagai patokan. Proporsi susu dan air yang pas akan membuat konsistensinya pas alias tidak terlalu encer maupun kental.

  1. Menuangkan Susu Ke Dalam Botol

Langkah keempat yang perlu anda lakukan adalah memasukkan susu ke dalam botol yang telah berisi air. memasukkan susu ini lebih baik dilakukan terakhir agar tidak mengendap di bagian dasar botol. Gunakan sendok takar agar jumlahnya bisa terukur dengan baik. Perlu anda tahu bahwa susu yang terlalu kental bisa menyebabkan sembelit sedangkan terlalu encer tidak akan memenuhi kebutuhan nutrisi.

  1. Kocok Botol Dan Biarkan Suhunya Turun

Tahapan kelima dalam cara menyeduh susu formula yang benar adalah dengan mengocok botol dan membiarkan hingga suhunya turun. Anda wajib memastikan bahwa susu tidak dalam kondisi yang panas karena akan melukai mulut bayi. Durasi maksimal untuk membuatkan susu formula di suhu ruang hanyalah 2 jam, sehingga kebiasaan membuat stok bukan ide yang bagus.

Selain cara seduh yang benar, anda juga perlu menggunakan botol yang baik . Pilihlah tipe botol susu anti kolik. Teknologi tersebut akan membuat bayi tidak mudah kembung karena tidak akan ada udara yang terperangkap di dalam botol. Alhasil sistem pencernaannya juga akan terasa nyaman dan sehat.