Cara Merawat Radiator Mobil

Radiator perlu diservis secara teratur oleh pemilik kendaraan. Sebaiknya cek setiap pagi atau sebelum digunakan, untuk mengetahui bahwa mobil dalam kondisi prima.

Apalagi bagi Anda yang sering menggunakan mobil untuk bepergian ke luar kota. Berikut cara merawat radiator mobil yang perlu diperhatikan.

Periksa Volume Air Radiator Secara Rutin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah sering-sering memeriksa kondisi air radiator. Banyak pemilik kendaraan lalai memeriksa volume air sehingga kemampuan menyerap panas berkurang.

Jumlah air radiator yang lebih sedikit akan membuat suhu panas mesin terus meningkat. Selain itu, akan muncul proses vakum akibat tekanan yang disalurkan ke tabung cadangan air radiator.

Kondisi ini akan sangat berbahaya, jadi sebaiknya periksa kembali apakah volume air radiator sudah sesuai dengan indikator.

Membersihkan atau Menguras Tangki Radiator

Selanjutnya adalah dengan rutin mengalirkan air radiator agar tidak terjadi korosi dari bagian dalam tangki dan komponen lainnya. Waktu penirisan minimal setiap 2 minggu sekali. Dengan begitu komponen logam akan terlindungi dari karat dan radiator akan berfungsi dengan baik.

Jangan Isi dengan Air Keran

Dalam perawatan Anda juga harus ingat untuk tidak menggunakan air keran. Pasalnya, air keran mengandung zat besi yang tinggi yang akan memicu terjadinya karat pada seluruh komponen radiator.

Oleh karena itu Anda harus menggunakan air radiator yang telah didesain khusus agar tidak menimbulkan karat. Jadi perhatikan jenis air yang Anda isi di tangki radiator.

Menggunakan Pendingin Radiator

Selain menghindari penggunaan air keran, Anda juga harus menambahkan pendingin radiator yang sesuai untuk kendaraan. Pendingin radiator ini akan berfungsi untuk mengangkat karat dan kotoran yang menumpuk di dalam komponen radiator.

Selain itu fungsinya untuk menjaga suhu mobil dan saluran radiator dapat bekerja dengan baik. Jadi selalu siapkan pendingin radiator ini di rumah agar Anda bisa mengisinya sendiri.

Jangan Lupa Tutup Radiatornya

Jangan lupa juga menutup tangki radiator. Semua bagian juga harus diperiksa dengan benar. Tujuannya untuk menghindari kebocoran dimana cairan radiator tidak mengalir dengan baik.

Jika saluran air bahkan tabung yang berisi cadangan air bocor, maka tidak ada aliran air yang dapat menyerap panas. Oleh karena itu, masalah overheating tentu akan lebih mudah terjadi.

Komponen Radiator Yang Harus Dicek dan Dibersihkan

Setiap komponen radiator memiliki peran penting yang tidak boleh Anda lupakan untuk diperiksa. Terutama pengecekan dan pembersihan rutin terhadap tiga komponen berikut:

  • Kipas pendingin
  • Selang dan Klem
  • Kisi-kisi Udara dan Pompa Minyak
  • Penutup Radiator

Nah itulah cara merawat radiator mobil. Anda bisa melakukan perawatan ini di bengkel.