Mau Tahu Contoh Cerpen Bahasa Inggris? Ini Ulasan dan Pengertiannya!

Apakah kamu pernah bingung membuat cerpen alias cerita pendek dalam bahasa Inggris? Jika iya, jangan khawatir sebab kamu bisa membaca ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai cerpen bahasa Inggris tersebut beserta pengertiannya.

Apa Itu Cerpen?

Pada dasarnya, cerpen merupakan beberapa macam cerita yang tidak benar-benar terjadi di dunia nyata dan dituliskan dalam bahasa Inggris. Umumnya, cerpen juga hanya menggunakan satu konflik singkat saja dan tidak terlalu kompleks layaknya novel.

Sedangkan Badudu sendiri menyebutkan bahwa cerpen merupakan karya yang berpusat pada satu orang pada kejadian yang sedang dialaminya saja. Di sisi lain ada juga yang menyebutkan bahwa cerpen ini merupakan bentuk rangkaian peristiwa yang hendak disampaikan. Baik itu dari kisah nyata alias non fiksi dan juga cerita rekaan.

Begini Struktur Lengkap Cerpen  Bahasa Inggris

Ketika akan membuat cerpen, tentunya kamu tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan standar atau struktur yang telah ditetapkan. Cerita pendek berbahasa Inggris yang baik tentunya juga mempunyai struktur yang dibutuhkan seperti halnya pada Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris, berikut contoh cerpennya.

“Susi was a new student in this school. She was the daughter of a farmer. She moved here because of family economic problems. She never took tutoring after school. That was because she helped her mother selling food in front of school.

Althought she never joined a tutor, she always got a perfect score in exams. She listened to the teacher seriously and asked frequently. Besides that, she spent his break time in the library. Many students like her because of his attitude. She was a dilligent and strong student”

Dalam contoh tersebut, gunakan diksi atau pilihan kata yang sederhana saja dengan begitu pembaca akan mudah memahaminya tentunya. Pada dasarnya, cerpen memang mempunyai alur yang sangat pendek. Selain itu, biasanya cerpen hanya terdiri dari satu alur cerita saja.

Dimana kisah-kisah yang diceritakan sendiri tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. Bahkan, karakter dalam cerita tersebut juga begitu sederhanya. Sedangkan cerpen juga disisipi dengan pesan moral yang cukup mendalam di bagian akhirnya.

Persis seperti yang dicontohkan di bagian akhir kalimat tadi yaitu “Besides that, she spent his break time in the library. Many students like her because of his attitude. She was a dilligent and strong student”.

Di bagian awalnya kamu bisa menggunakan struktur abstrak yaitu menyajikan gambaran pertama dari apa yang ingin diceritakan. Setelah itu gunakan struktur orientasi dimana kamu bisa menjelaskan latarnya. Baik itu latar tempat, waktu, hingga suasana yang akan disajikan dalam cerpen tersebut nantinya.

Jika sudah, gunakan struktur komplikasi yaitu sajikan masalah awal yang dihadapi oleh tokoh tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan karakter si tokoh di bagian ini. Nantinya di bagian komplikasi ini akan menampilkan urutan kejadian mulai dari sebab akibatnya.

Setelah itu, gunakan struktur evaluasi untuk menemukan solusinya dan lakukan resolusi yaitu penjelasaannya lebih lanjut dari sudut pandang penulis. Terakhir, letakkan struktur koda yang berisi pesan moral untuk para pembaca nantinya.

Untuk mendapatkan informasi terkait cerpen bahasa Inggris lainnya, pantau terus website kami supaya tidak ketinggalan ya! Di sisi lain, jika kamu mencari contoh pengumuman dalam Bahasa Inggris juga ada kok! Tinggal cari informasi mengenai hal tersebut di website resmi kami ya!