Fungsi Hp NFC Untuk Apa Saja?

Saat ini banyak hp sudah menggunakan fitur Near Field Communication atau NFC. Banyak fungsi NFC yang terdapat pada handphone. Pada awalnya NFC hanya ada di hp kelas menengah atas. Tetapi mulai tahun 2021,dengan harga Rp 2 jutaan saja Anda sudah bisa mendapatkan Hp NFC.

Lalu apa saja fungsi HP NFC tersebut?

1. Top up e-money

Sekarang e-money jadi alat pembayaran  untuk bayar tol, naik transportasi umum, bahkan belanja di minimarket. Bayar tol dengan e-money lebih cepat sehingga bisa mempersingkat waktu antrean di gerbang tol. Fungsi NFC ini adalah untuk top-up saat saldo e-money habis. Anda juga bisa top up kapan saja tanpa harus ke mini market atau ATM.

2. Alat Pembayaran Transaksi

Selain digunakan untuk membayar tol, Hp NFC juga bisa digunakan untuk alat pembayaran. Cara menggunakannya adalah NFC ketika ingin bayar, Anda hanya perlu scan dengan menempelkan bagian belakang hp ke sensor NFC di mesin kasir.

3. Berbagi Foto dan Video

Fungsi Hp NFC selanjutnya adalah mengirim foto dan video tanpa kabel. Caranya adalah tempelkan bagian belakang hp ke logo NFC di perangkat dengan NFC. Fitur pada hp NFC memudahkan mengirim foto dan video berukuran besar dalam waktu singkat.

Itulah 3 fungsi Hp NFC yang perlu diketahui. Selain itu fungsi lainnya adalah scan informasi dari smart poster, akses wifi dari wifi porter, koneksi speaker secara nirkabel, berbagi kontak dan Berbagi data melalui android beam.