Cara Mengatasi Gigi Berlubang dengan efektif

Berikut ini cara mengatasi gigi berlubang secara medis. Perlu diketahui bahwa Perawatan gigi berlubang disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi pasien. Beberapa praktik medis yang dapat dilakukan untuk mengobati gigi berlubang adalah:

1. Perawatan fluorida

Untuk gigi berlubang baru, dokter memberikan pasta gigi dengan jumlah fluoride yang lebih tinggi daripada yang biasa ditemukan. Perawatan fluoride dapat dilakukan dalam bentuk cairan, gel, atau busa. Obat ini dapat memperbaiki email dan mencegah gigi berlubang tumbuh.

Pasien dapat menggunakan fluoride ini secara mandiri dengan menggosokkannya pada gigi atau menggunakannya sebagai sikat. Namun pada umumnya dokter menggabungkan fluoride dengan alat yang sesuai dengan bentuk gigi pasien sehingga seluruh permukaan gigi terlapisi zat ini.

2. Menambal Gigi

Tambalan adalah prosedur paling umum untuk merawat gigi berlubang. Penambalan dilakukan dengan terlebih dahulu mencabut bagian gigi yang rusak. Kemudian isi gigi dengan bahan khusus seperti resin komposit, porselen, emas dan perak.

3. Mahkota gigi

Mahkota atau braket gigi adalah prosedur untuk menempatkan mahkota gigi tiruan di atas gigi yang rusak. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengobati cedera yang lebih serius atau gigi yang lemah.

Prosedur mahkota gigi dilakukan dengan mengikis bagian gigi yang rusak dan menyisakan sebagian kecil gigi sebagai penyangga mahkota gigi tiruan. Mahkota gigi tiruan dapat dibuat dari emas, porselen, atau komposit resin.

4. Saluran akar

Perawatan saluran akar atau root canal diberikan ketika luka mencapai bagian dalam gigi atau akar gigi. Prosedur ini dimaksudkan untuk memperbaiki kerusakan tanpa mencabut gigi.

5. Ekstrak gigi

Jika kerusakannya sangat parah sehingga tidak dapat diperbaiki, maka dilakukan pencabutan gigi. Setelah gigi dicabut, gigi palsu atau implan gigi dapat dipasang untuk mengisi celah di antara gigi yang dicabut.

Keluhan akibat gigi berlubang harus segera diperiksa dan ditangani oleh dokter gigi. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke dokter gigi, ada beberapa cara untuk meredakan rasa sakit di rumah.

  • Sikat semua gigi, termasuk gigi berlubang, agar tetap bersih, meskipun sakit.
  • Sikat gigi Anda dengan air hangat.
  • Pakai sikat gigi yang khusus untuk gigi sensitif.
  • Jangan makan dan minum yang terlalu dingin atau panas.
  • Minum obat pereda nyeri gigi