Penjelasan Ikan Paus dan Jenis Ordonya

Ikan paus dikenal juga sebagai hewan laut yang senang berkelompok, sehingga meskipun hanya terlihat ada satu ekor ikan paus yang kerap muncul ke permukaan laut untuk menghirup udara bisa dipastikan ada kawanan ikan paus lain disekitarnya.

Ikan mamalia yang bernapas dengan paru-paru ini juga memiliki keunikan lain yakni; cara mereka memberi makan terhadap anak-anaknya dengan memberikan susu termasuk mengajarkan mereka cara berburu mangsa.

Ikan Paus adalah Hewan Cerdas

Ikan paus juga dikenal sebagai salah satu hewan laut yang paling cerdas. Indera penciuman mereka yang tajam hingga kemampuan mereka untuk merawat anak-anaknya hingga besar dan kecenderungannya yang bersifat jinak terhadap manusia menjadi indikator jika ikan paus adalah hewan cerdas yang mampu hidup berdampingan dengan hewan laut lainnya.

Terbagi dalam Dua Ordo

Spesies ikan paus juga terbagi dalam dua ordo yakni; ordo bergigi dan ordo baleen. Kedua ordo ini memiliki perbedaan yang sangat spesifik dalam berbagai hal, seperti berikut ini;

Ordo Baleen

Pada ikan paus dengan ordo Baleen memiliki ukuran yang lebih besar dan terdapat sebanyak 14 ordo baleen yang semua ordo itu tidak memiliki gigi, karenanya hewan ini hanya akan memakan makanan kecil seperti plankton, ikan kecil hingga udang kecil.

Ordo Bergigi

Untuk ikan paus dengan ordo bergigi ini umumnya sedikit lebih buas dan memangsa makanan ikan maupun hewan laut yang berukuran besar seperti gurita, ikan maupun cumi-cumi. Untuk ordo ini setidaknya terdapat 76 jenis termasuk diantaranya adalah ikan lumba-lumba.