Jembatan Emas Bangka

Jembatan Emas Bangka merupakan jembatan yang dibangun di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lebih tepatnya di kawasan Ketapang. Fungsi utama jembatan ini adalah untuk menghubungkan Ketapang yang merupakan daerah pinggiran pantai Kota Pangkalpinang dengan Air Nyinyir di Kabupaten Bangka.

Jembatan ini dibangun pada tahun 2010 dan mulai digunakan secara rutin pada tahun 2017. Tidak seperti desain jembatan yang umumnya dijumpai di Indonesia, jembatan ini memiliki desain yang berbeda, yaitu bertipe cable stayed with bascule bridge.

Tak hanya terlihat indah dan modern, jembatan yang terletak di muara Sungai Baturusa ini dapat diangkat sehingga kapal dapat melewati bagian bawahnya. Jadwal pengangkatan jembatan ini adalah pukul 6 sore yang didahului dengan sirene pemberitahuan serta penutupan jalan dari kedua arah.

Proses pengangkatan jembatan ini dilakukan sekali dan dibiarkan sepanjang malam sampai pukul 9 pagi. Oleh karena itulah jembatan ini tidak dapat dilalui pada malam hari.

Jembatan Emas Bangka membentang sepanjang 784,5 meter dan memiliki lebar 23,2 meter. Selain desain konstruksinya yang megah, jembatan ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu yang membuatnya tampak indah di malam hari.

Oleh karena itulah tidak sedikit orang yang mencoba mengabadikan keindahannya saat hari gelap. Keindahan Pantai Air Anyir, Pantai Pasir Padi, serta PLTU Air Anyir dapat dilihat dari atas jembatan ini.