Nasi Lemak Kuliner Khas Pekanbaru yang Merupakan Modifikasi Lokal Kuliner Tetangga

Kebudayaan melayu mencakup area yang cukup luas sehingga ada banyak hal yang sama antara Indonesia dan negara-negara tetangga yang ada di sekitar Indonesia. Salah satu kebudayaan yang paling lekat dan akrab adalah antara Riau dengan Malaysia. Tidak heran jika beberapa kuliner yang ditemukan di Malaysia juga ditemukan di Pekanbaru dan begitu pula sebaliknya. Penyebabnya sebenarnya adalah asal muasal orang yang menghuni daerah-daerah tersebut berasal dari leluhur yang sama yaitu orang melayu.

 

Nasi lemak memang dianggap sebagai makanan khas Malaysia tapi sebenarnya Riau dan daerah Indonesia lain yang juga dipengaruhi kebudayaan melayu memiliki nasi lemak sendiri. Nasi ini memiliki bentuk penyajian dan penampilan yang sama dengan nasi lemak lain. Nasinya dimasak dengan santan dan pandan sehingga terasa gurih. Lauk untuk nasi lemak bisa berbagai macam yang penting menggunakan tipe nasi lemak yang dimasak dengan santan.

 

Tidak sedikit warung yang menawarkan penyajian nasi lemak ini dengan sate. Jadi kombinasi sate kacang dengan sambal pedas dan terasi akan menjadi makanan yang memiliki cita rasa unik sehingga orang yang sudah pernah merasakannya sudah pasti akan merindukan cita rasa unik dari nasi lemak khas Pekanbaru ini. Nasi lemak tidak sulit ditemukan di Pekanbaru. Berbagai warung dan restoran sudah biasa menyediakan hidangan ini sebagai bagian dari menu mereka.