Bukan Hanya Daunnya, Berikut Sederet Manfaat Buah Jarak yang Baik untuk Kesehatan

Daun jarak sudah cukup lama dimanfaatkan sebagai obat herbal bagi masyarakat di Indonesia. Namun siapa sangka jika tanaman liar yang bisa tumbuh di hutan, tanah kosong, sampai pinggiran pantai tersebut juga memiliki segudang manfaat pada buahnya. Berikut sederet manfaat buah jarak ini.

Manfaat dari Buah Jarak

  1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Biji buah jarak ditemukan mempunyai sifat emmenagogue asam risinoleat, yang bisa membuka aliran menstruasi dan meredakan rasa sakit serta kram. Sehingga mengonsumsi air rebusan buah jarak akan membantu dalam menghilangkan rasa sakit pada wanita yang mengalami menstruasi ataupun pembukaan.

  1. Mengobati Bibir Kering

Minyak yang berasal dari biji buah jarak dapat dimanfaatkan apabila anda memiliki bibir yang kering. Anda bisa menggunakan minyak tersebut sebagai pelembap bibir, karena terdapat kandungan emolien yang bagus untuk kulit kering di dalamnya. Tidak heran apabila minyak ini bahkan banyak diekstrak ke dalam bahan lip gloss dan lipstick.

  1. Melembapkan Kulit

Selain mengobati bibir kering, minyak dari biji buah jarak juga bisa membantu melembapkan kulit. Seperti yang telah dijelaskan, kandungan emolien di dalamnya memang sangat bagus untuk kulit kering. Berpadu dengan kandungan trigliserida yang akan membantu mencegah pengelupasan kulit dan menjaganya tetap lembap.

Bisa dibilang bahwa tanaman jarak merupakan tumbuhan yang kaya akan manfaat. Karena baik daun, buah, maupun biji buahnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Padahal tanaman ini termasuk tumbuhan liar yang bisa hidup hampir di mana saja. Dengan karakteristiknya tersebut, anda bisa dengan cukup mudah membudidayakan jarak untuk memperoleh berbagai manfaatnya.