Manfaat Buah Kesemek Rutin Dikonsumsi Setiap Hari

Kesemek merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia karena memiliki rasa yang lezat dan manis. Tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat buah kesemek. Untuk yang suka dengan buah kesemek, berikut ini adalah manfaat buah kesemek yang bisa kamu dapatkan seperti :

1. Makan kesemek membantu menurunkan berat badan

Kesemek dengan berat 168 gram mengandung karbohidrat sekitar 31 gram. Sebagai buah yang rendah kalori, buah kesemek sangat bagus untuk membantu tubuh menurunkan berat badan. Jadi jika kamu baru mencoba menurunkan berat badan, maka makanlah buah kesemek sebagai camilan harianmu.

2. Kesemek mengandung banyak antioksidan

Buah Kesemek mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, jus kesemek kaya akan asam galat dan epicatechin gallate, dua senyawa ini memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini bisa bermanfaat untuk melawan radikal bebas berbahaya yang bisa mencegah kerusakan sel dan bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Makan kesemek membantu mendukung kesehatan mata

Buah Kesemek kaya akan vitamin A, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan mata kering rabun senja, dan penyakit mata kronis lainnya. Satu buah kesemek menyediakan sekitar 55% kebutuhan vitamin A harian, jadi mengkonsumsi buah kesemek bisa bermanfaat menjaga dan meningkatkan kesehatan mata dengan lebih efektif.

4. Makan kesemek membantu menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan bentuk lemak yang menumpuk di arteri dan bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung. Beberapa penelitian telah mendokumentasikan bahwa buah kesemek bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Makan satu buah kesemek setiap hari secara signifikan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

5. Makan kesemek meningkatkan aktivitas metabolisme

Buah Kesemek memiliki kandungan vitamin B kompleks seperti tiamin dan asam folat yang memiliki fungsi metabolisme dalam tubuh. Kandungan vitamin B kompleks ini bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.