Jenis-Jenis Mesin konveksi Yang Wajib Diketahui

Ada beberapa jenis mesin konveksi atau mesin jahit yang harus dimiiliki dalam bisnis konveksi. Karena setiap mesin jahit ini memiliki fungsi serta  kelebihannya masing-masing dalam proses produksi. Karena itulah sangat penting untuk setiap pebisnis konveksi memahami mesin-mesin tersebut dalam penjelasan selengkapnya antara lain, yakni :

1. Mesin Jahit High Speed Jarum Satu

Mesin konveksi jahit kecepatan tinggi ini, selaku menjadi pilihan oleh industri garment karena memiliki kecepatan jahit 4000 jpm – 5500 jpm. Dengan kecepatan ini, jumlah produksi bisa tinggi. Hal ini sangat efisien sehingga dapat menghemat banyak biaya produksi mulai listrik hingga biaya tenaga kerja.

Mesin jahit ini termasuk mesin yang wajib dimiliki karena fungsi jahitnya yang serba guna dan paling banyak dibutuhkan. Kelebihan mesin jahit jenid ini adalah dapat menghasilkan jahitan satu garis. Secara harga, mesin jahit jenis ini juga terbilang terjangkau yaitu dimulai dari harga Rp. 1.500.000,- Sehingga cocok  digunakan dalam bisnis konveksi

2. Mesin jahit neci

Pada dasarnya mesin jahit neci ini memiliki fungsi yang sama dengan obras, yaitu membuat jahit pinggiran kain. Kelebihan neci dari obras adalah, jahit neci lebih rapi dan rapat. Untuk jahitan neci ini biasa digunakan untuk tepian taplak, sapu tangan, kerudung.

3. Mesin Jahit Bordir

Mesin konveksi jahit bordir memiliki kecepatan yang lebih rendah yaitu 2800 sti/min. Mesin bordir ini menggunakan jenis jarum khusus untuk menunjang fungsinya, yaitu DP X17 dan DP x15.Mesin ini cocok untuk fungsi jahit tepian untuk merapikan kain.

4. Mesin jahit obras

Karena hasilnya masih kasar, jahit tepian obras digunakan untuk kain-kain bagian dalam saja, yaitu tepian kain akan dilipat dan dijahit. Hampir semua jenis pakaian menggunakan mesin obras untuk merapikan kainnya. Kecepatan mesin obras ini sangat tinggi, mencapai 7000 rpm menggunakan jarum DC X27.

5. Mesin jahit pasang kancing

Memasang kancing juga telah dimudahkan dengan adanya mesin konveksi jahit otomatis. Tidak lagi manual dengan jarum tangan. Ukuran dan lubang kancing yang bisa dipasang antara 10mm hingga 28mm, ukuran yang kurang atau lebih dari itu tidak bisa menggunakan mesin jahit ini. Karena ukuran ini sudah diuniversalkan. Jarumnya juga khusus yaitu dengan tipe TQ X1 atau DP X17.