Sembelit? Atasi dengan 5 Minuman Pelancar BAB Ini

Dari data yang ada bisa terihat, sembelit atau konstipasi merupakan bagian dari gangguan kesehatan pada pencernaan manusia. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari kurang konsumsi serat, jarang melakukan olahraga, sampai dengan rendahnya konsumsi air putih. Keadaan ini tentu akan menjadikan tubuh menjadi tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Bahkan rasa begah membuat badan terasa berat serta malas mengonsumsi makanan karena perut yang terasa penuh. Sayangnya, pemahaman manusia terkait pentingnya konsumsi cairan untuk tubuh masih kurang. Kenyataan tersebut yang kemudian perlu diperhatikan untuk pertama kali bagi Anda yang ingin menghindari masalah BAB.

5 Minuman Pelancar BAB yang Mudah Didapatkan

Dari data yang ada menunjukan, bahwa sembelit menjadi masalah pencernaan yang paling banyak diderita oleh berbagai kalangan. Tingkat stressĀ  juga mempengaruhi permasalahan tersebut, sehingga kembali pada konsep awal menjaga system imunitas tubuh Anda harus tetap mampu menyeimbangkan semua kebutuhan sesuai porsinya. Sedangkan bagi Anda yang kini masih mencari minuman kekinian untuk mengatasi masalah sembelit, berikut beberapa rekomendasinya:

  1. Air putih

Di era super modern ini, Anda mungkin bisa mendapatkan berbagai merk air putih dengan kualitas terbaik. Disamping konsumsi air, Anda juga perlu memperhatikan waktu meminumnya. Beberapa ahli menjelaskan, bahwa manfaat air yang dikonsumsi disaat perut kosong sangat baik. Apalagi ketika Anda menambahkan satu sendok chia seeds untuk membantu memenuhi kebetuhan serat dalam tubuh.

  1. Jus plum

Berikutnya, Anda juga bisa mengonsumsi jus plum setiap malam. Seperti yang sudah banyak diketahui, buah plum mengandung sorbitol yang baik untuk membantu proses pencernaan dalam usus besar. Tidak mengherankan jika kemudian plum menjadi bintang utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

  1. Kefir

Setelah itu, Anda juga dipersilakan untuk mencoba kenikmatan dari produk kefir. Berbeda dari jus dan minuman sehat lainnya, kefir lebih menyerupai susu dengan prebiotic yang terbilang tinggi. Kandungan tersebut yang nantinya akan membantu Anda untuk meningkatkan frekuensi BAB setiap harinya.

  1. Kopi

Bagi Anda yang suka dengan kopi tentu paham, bahwa kandungan kafein dalam kopi menjadi bagian penting dalam meningkatkan asam lambung. Dari sinilah penarikan kotoran pada usus lambung dilakukan. Meskipun diperbolehkan, Anda harus tetap memperhitungkan banyak sedikitnya kopi yang dikonsumsi. Bagaimanapun konsumsi yang berlebihan tetap saja tidak baik untuk kesehatan.

  1. Smoothie

Terakhir, Anda juga bisa mencoba melancarkan BAB dengan rutin konsumsi smoothie. Tanpa harus dijelaskan secara detail, Anda pasti paham bahwa produk minuman sehat ini kaya akan serat buat dan sayur yang telah diolah dengan canggih. Oleh karena itu, bentukan dari minuman sehat tersebut sangat enak dan nyaman diperut.

Menjaga Kesehatan Pencernaan Usus Besar

Menjaga kesehatan tubuh menjadi tugas krusial bagi setiap individu. Apalagi organ tubuh mempunyai berbagai elemen penting yang semuanya saling terkait satu dengan lainnya. Elemen itu ibarat system yang akan berpengaruh pada bagian tubuh lain. Hal yang sama juga berlaku untuk kesehatan usus besar. Kurangnya konsumsi serat menjadi masalahan terbanyak yang mempengaruhi kesehatan dari usus besar. Salah satu gangguan kesehatan yang terjadi, yaitu sembelit. Sampai disini, Anda harus mulai sadar bahwa serat serta cairan menjadi faktor terpenting bagi usus besar mampu melakukan tugasnya dengan baik. Bagaimanapun tidak bisa dimungkiri, sembelit bukan satu permasalahan yang dapat dianggap remeh. Jadi, tetap jaga kesehatan dengan memenuhi semua kebutuhannya dengan seimbang.