Pengertian Idul Fitri Yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Idul Fitri adalah momen berharga dan penting bagi umat muslim. Idulfitri atau lebaran di tanah air, dijadikan momen yang membahagiakan. Sebab, dapat berkumpul bersama keluarga yang terpisah, makan makan, halal bihalal dan menikmati berbagai momen spesial lainnya di hari raya.

Nah pada kesempatan ini akan diulas sedikit mengenai pengertian idul fitri dan hal hal terkait dengan lebaran.  Simak selengkapnya berikut ini yang kami kutip dari laman website Media islam tentang pengertian Idul Fitri.

Pengertian Idul Fitri

Pengertian Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia ialah hari raya umat Islam yang diperingati tanggal 1 Syawal.

Lantaran penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri  jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahun dilihat dari penanggalan Masehi.

Cara menentukan 1 syawal juga berbeda beda. Jadi bisa jadi ada dua umat Islam merayakan di tanggal Masehi berbeda.

Shalat Idul Fitri

Tanggal 1 syawal, puasa Ramadhan berakhir. Lalu dirayakan idulfitri.  Awal pagi hari selalu dilaksanakan shalat Idul Fitri (salat Id). Adapun hukum shalat id adalah sunnah muakkad.

Sunnah melaksanakan salat id di tanah lapang atau di jalan raya. Utamanya di kota kota besar.

Sebelum melaksanakan salat id, imam mengingatkan untuk zakat fitrah bagi yang belum melaksanakannya. Karena, kalau setelah menunaikan salat id hukumnya menjadi sedekah bukan zakat.

Takbir saat lebaran

Di malam sebelum dan sesudah hari  raya, mengumandangkan takbir. Takbir dikumandangkan setelah bulan Syawal dimulai.

Zakat fitrah sebelum lebaran

Selain salat id, umat muslim juga membayar zakat fitrah.  Sebanyak 2,5 kilogram bahan pangan pokok.  Tujuan membayar zakat fitrah yakni memberi kebahagiaan pada kaum fakir miskin.

Lalu khotbah dilangsungkan usai salat idulfitri berlangsung dan kemudian dilanjutkan doa.

Setelah itu, di Indonesia diadakan tradisi maaf maafan dan silaturahmi. Kadang ada juga yang berziarah kubur.

Momen Idulfitri di Indonesia

Umat muslim di tanah air menjadikan hari raya idul fitri sebagai hari raya yang utama. Ini adalah momen untuk kumpul kembali bersama keluarga yang jauh.

Biasanya, orang muslim Indonesia sebelum dua minggu lebaran sudah memikirkan mengenai hari raya idul fitri. Utamanya adalah pulang kampung atau mudik.

Momen hari raya idul fitri juga diperingati sebagai hari libur nasional yang diperingati mayoritas orang Indonesia karena memang mayoritas muslim.

Biasanya, Pemerintahlah yang menentukan penetapan idul fitri. Meskipun ada juga sejumlah organisasi Islam menetapkanya berbeda. Namun demikian suasana idul fitri tetap hangat.

Di Indonesia idul fitri disebut lebaran. Yakji sebagian masyarakat perantau akan mudik alias pulang kampung untuk merayakan nya bersama keluarga.

Selama perayaan hari raya idul fitri, ada aneka menu disajikan. Yang paling terkenal sekaligus ikonik adalah ketupat. Di Malaysia, ketupat juga cukup populer saat lebaran.

Anak anak biasanya diberi tunjangan hari raya (THR) oleh orang tua. Selama perayaan, masyarakat biasanya silaturahmi berkunjung ke rumah tetangga dan saudara alias halal bihalal. sesama mereka saling maafkan. Demikian juga pejabat, mengadakan open house untuk masyarakat yang ingin berkunjung silaturahmi.

Nah itulah tadi pengertian idul fitri yang di Indonesia juga dikenal dengan hari raya lebaran. Idul Fitri adalah momen penting bagi umat Islam usai menjalankan puasa ramadhan sebulan penuh.

Idul Fitri di tanah air diwarnai berbagai momen momen spesial seperti halal bihalal, silaturahmi, makan makan dan banyak lagi. Ada suasana keceriaan dan kegembiraan tersendiri saat merayakan hari raya idul fitri. dan semoga tahun ini lebaran juga dapat menjadi momen spesial yang membahagiakan, meskipun dalam suasana pandemi.