Ketahui! Begini Cara Mudah Agar Pohon Pepaya Tumbuh Pendek dan Berbuah

Ingin pohon pepaya tumbuh pendek tapi berbuah lebat? Kenapa tidak. Itu bukanlah hal yang mustahil. Asal tahu caranya, Anda pun bisa mewujudkannya dengan mudah. Nah, mau tahu bagaimana caranya?

Pepaya merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di kebun dan pekarangan. Tinggi pohonnya rata-rata bisa mencapai 1,5 hingga 2 meter. Namun jika ingin dibuat kerdil, kurang dari itu juga bisa. Ada cara mudah yang dapat lakukan.

Akan tetapi sebelum itu, Anda sebaiknya pilih jenis pepaya yang memang bisa berbuah meski pendek. Lalu ikuti cara-caranya sebagai berikut:

  • Tanam bibit pepaya seperti biasa.
  • Pada usia tanaman 1 bulan, pangkaslah bagian kuncup atau pupus daun paling muda. Metode ini dapat meningkatkan produktivitas tanaman pepaya. Sekaligus juga menjadikan batangnya tetap pendek.
  • Setelah itu tunggu kurang lebih 10 hari atau sampai tunas-tunas baru tumbuh.
  • Ketika tunas sudah tumbuh inilah, Anda harus potong batang tanaman pepaya. Sisakan saja batangnya setinggi 15 cm dari permukaan tanah.
  • Kemudian biarkan selama 7 hari sampai muncul lagi tunas yang baru.
  • Selanjutnya, lakukan penyeleksian tunas-tunas yang telah mulai tumbuh. Pilihlah satu tunas yang paling sehat dan bagus. Sementara sisanya dipangkas saja.

Dengan perlakuan di atas, diharapkan akan diperoleh batang pepaya yang pendek dan aktif berbuah. Lalu di samping itu, perhatikan juga agar pohon pepaya selalu mendapat sinar matahari yang cukup.