Sejarah Akuntansi dan Penerapannya pada Aplikasi di Android

Akuntansi adalah salah satu cabang ilmu yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dalam aplikasi yang keren ini sangat berguna dalam aktivitas sehari-hari. Salah satunya jika anda tengah membuka bisnis. Selian mempelajari sejarah akuntansi, output dari akuntansi juga menghasilkan aplikasi di android dalam bentuk kasir, seperti berikut.

Sejarah dari Ilmu Keuangan atau Akuntansi

Bila berbicara tentang akuntansi, maka sejarahnya dimulai sejak abad ke 19 tepatnya di Amerika Serikat. Di Masa itu Amerika telah mematenkan teori Anglo Saxon 2 agar menjadi lebih komprehensif. Dimana untuk saat ini biasa dikenal dengan teori accounting. Dari sinilah yang pada akhirnya menjadi semacam cikal bakal lahirnya akuntansi modern.

Teori yang satu ini mulai berkembang dengan pesat saat abad ke 20. Dimana pada saat itu Amerika sudah ada yang namanya komputer guna mengaplikasikan akuntansi agar terlihat lebih mudah. Bahkan penambahan teori yang ada dalam pembukuan sejarah akuntansi pun juga semakin di perkuta. Karena semakin terkenal, maka saat itu akuntansi mulai menjamur hingga ke Negara Indonesia.

Bila di indonesia sendiri, akuntansi mulai muncul sejak tahun 1642. Dimana pada masa itu masyarakat sudah paham dengan yang namanya pencatatan keuangan termasuk laba rugi. Peristiwa tersebut marak terjadi karena dibawa oleh para pedagang dari luar negeri yang menjajakan barangnya ke Indonesia. Sedangkan negara yang mengenalkan pertama kali adalah Belanda, Spanyol, dan Portugis.

Meskipun pada faktanya masyarakat sudah paham dengan sistem pencatatan keuangan, namun ilmu akuntansi ini mulai digunakan oleh masyarakat Indonesia dari tahun 1642. Bahkan dalam sebuah bukti sejarah menunjukkan bahwa ilmu akuntansi mulai dipakai oleh masyarakat Indonesia sekitar tahun 1947. Namun dari sejarah akuntansi benar diterapkan dengan serius sejak tahun 1980 an.

Ilmu yang Dipelajari dalam Bidang Akuntansi

  1. Persamaan Dasar

Jika di tarik garis lurus, fakntanya ilmu akuntansi ini mempelajari banyak hal, salah satunya terkait persamaan dasar yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bagian persamaan dasar yang ada dalam ilmu akuntansi ini biasanya akan digunakan dalam membuat laporan hitungan laba rugi, neraca, arus kas, dan masih banyak yang lainnya.

Jangan salah, anda rumus dasar yang harus anda pahami jika mempelajari persamaan dasar akuntansi ini. Misalnya jika anda ingin menghitung nilai aset suatu perusahaan atau individu, maka diperoleh dengan cara menjumlahkan nilai ekuitas dan juga kewajiban. Fungsi dari sejarah akuntansi dan adanya persamaan dasar ini adalah untuk menyatakan perubahan yang terjadi pada suatu perusahaan.

  1. Akun T

Bagian lain yang tidak kalah penting untuk dipelajari dalam satuan ilmu akuntansi ini adalah masalah akun T. sebelum lebih jauh, jadi yang dinamakan dengan akun T ini merupakan perencanaan menggunakan sistem akuntansi. Akun yang satu ini nantinya akan memberikan petunjuk kenaikan atau penurunan pada setiap pos laporan akuntansi.

Penting untuk digaris bawahi, bahwasannya ada tiga bagian yang nantinya akan mendasari akuan T ini. Ketiga hal yang dimaksud antara lain adalah judul, tempat yang digunakan untuk mencatat penurunan, dan yang terakhir adalah area yang dimanfaatkan untuk melakukan pencatatan kenaikan. Dimana semua hal tersebut juga tidak luput dengan sejarah akuntansi itu sendiri.

  1. Debit dan Kredit

Mungkin banyak yang beranggapan, najwasannya debt dan kredit adalah alah ilmu yang hanya akan di pelejari dalam dunia perbankan. Namun nyatanya akuntansi juga tetap berkecimpung dalam dunia debit dan kredit. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab pada dasarnya akuntansi ini masih satu kesatuan mengurusi keuangan. Sehingga masih bersinggungan dengan debit kredit.

Karena masuk dalam ranah akuntansi, maka anda juga harus paham apa yang dimaksud dengan debit dan kredit. Jadi yang dinamakan dengan debit adalah kenaikan atau penurunan yang akan dipengaruhi oleh akun yang bersangkutan. Sedangkan untuk kredit menunjukkan kenaikan atau penurunan yang tergantung pada suatu akun.

  1. Siklus Akuntansi

Sejarah akuntansi selanjutnya juga ada kaitannya dengan ilmu siklus. Dimana ini pada dasarnya diajarkan menjadi dua cara secara lebih singkat. Cara lebih singkat yang dimaksud disini adalah berkaitan dengan perputaran antara purchasing activity, casg, aktivitas penjualan, produk, account receivable collection activity.dan dari semua laut tersebut nantinya akan kembali pada cash.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkapnya. Bagian yang satu ini telah dijabarkan menjadi sepuluh bagian . dimana pada setiap bagiannya dimulai dari adanya analisis dan mencatat segala macam transaksi yang ada dalam jurnal akuntansi. Jika sudah, maka langkah yang terakhir yaitu menyiapkan daftar saldo setelah akhirnya dilakukan penutupan.

  1. Menggunakan Analisis Transaksi

Setelah tahu siklus akuntansi, maka sejarah akuntansi selanjutnya dimulai dengan ilmu masalah analisa transaksi. Seperti yang diketahui, bahwa pada dasarnya akuntansi adalah sebuah ilmu yang berkaitan dengan pencatatan serta analisa. Sehingga dalam praktekkan nanti juga bakal bersinggungan dengan bidang atau hal-hal demikian.

Adapun untuk langkah-langkah yang diajarkan dalam melakukan analisis pencatatan atau transaksi ini dimulai membaca dengan seksama. Hal yang dibaca disini adalah penjelasan dari sebuah transaksi yang ada. Lalu nantinya di akhir dengan menjalankan penyusunan daftar saldo sampai dengan akhir periode. Hal ini dilakukan dengan konsisten agar bisa ahli di bidang tersebut.

  1. Ilmu Analisa Investasi Modal

Ilmu lainnya yang tidak kalah penting bagi anda yang saat ini ingin menggeluti dalam bidang ilmu sejarah akuntansi adalah harus paham terkait analisis investasi modal. Bagi anda yang ingin mendalami analisis investasi modal, maka akan di bagi menjadi dua metode dan bisa diterapkan berdasarkan ilmu akuntansi.

Apa yang dimaksud dengan metode tersebut? jadi metode yang dijelaskan disini adalah sebuah cara yang menggunakan nilai kini dan yang mengabaikannya. Dimana untuk masing-maisng dari metode tersebut akan di bagi lagi menjadi beberapa bagian atau jenis, yang mana hal itu juga sangat penting untuk didalami.

  1. Bagian Operating Leverage

Disiplin ilmu yang tidak lah penting untuk digali lebih dalam jika belajar tentang akuntansi adalah operating leverage. Dimana bagian ini erat kaitanya dengan sejarah akuntansi yang  menyatakan perbandingan antara laba operasional dan juga margin kontribusi. Dengan begitu, maka operating leverage akan diperoleh dari membagi margin kontribusi dengan area laba operasional.

Selain margin kontribusi, kini anda juga kan di kenalkan dengan bagia keamanan. Dimana margin ini bisa diketahui dengan cara menghitung penjualan, lalu dikurangi dengan penjualan pada titik impas. Jika sudah, maka nantinya hasil yang diperoleh akan dibagi dengan bagian penjualan itu sendiri.

Berbagai Pilihan App Kasir Android Hasil dari Pengembangan Akuntansi

  1. App Kasir Jurnal Tour

Setelah anda paham dengan berbagai jenis ilmu yang akan dipelajari dari akuntansi, maka kini saatnya anda memahami apa saja kira-kira output dari belajar sejarah akuntansi dan pengembangan ilmu tersebut. Salah satu output yang paling terlihat adalah adanya app kasir. Berbicara app kasir pasti ada banyak sekali jenisnya, salah satunya jurnal tour.

Aplikasi jurnal tour ini akan memberikan banyak kemudahan kepada pengguna. Terlebih bagi anda yang memiliki bisnis. Sebab dengan kemudahan yang diberikan akan memudahkan anda dalam memperoleh keuntungan. Di samping itu, anda juga bakal dibuat kagum dengan berbagai fitur yang ditawarkan, mulai dari sinkronisasi otomatis, transaksi multi store, offline, hingga kustomisasi struk.

  1. Mesin Kasir

Jenis aplikasi selanjutnya adalah mesin kasir. Aplikasi yang satu ini cocok untuk digunakan terlebih bagi anda yang notabenenya ingin lebih menghemat. Hal ini bisa terjadi karena dalam kaitannya sejarah akuntansi, mesin ini sangat efektif digunakan. Bahkan pada aplikasi ini juga terlihat lebih sederhana dibandingkan dengan lainnya. Namun untuk fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan lainnya.

Hal lain yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan mesin kasir ini adalah tetap bisa dimanfaatkan meskipun tidak menggunakan jaringan internet. Sehingga sangat cocok untuk para pengusaha yang ada di wilayah minim jaringan internet atau kurang stabil listriknya. Selain itu, pastinya anda juga bakal bisa lebih hemat karena tidak mengeluarkan dana untuk wifi.

  1. Kasir Pos

Aplikasi kasir selanjutnya yang merupakan hasil dari paduan ilmu akuntansi adalah POS atau point of sale. Perangkat lunak dari hasil pengembangan sejarah akuntansi ini bisa didapatkan dengan gratis melalui play store serta di unduh pada android. Sehingga akan membuat kegiatan bisnis menjadi efektif dan tentu meminimalisir pengeluaran.

Tidak kalah dengan lainnya, pada kasir pos ini juga mempunyai berbagai fitur penjualan pada umumnya. Fitur yang dimaksud disini antara lain adalah kategori barang, proses pencatatan, hingga yang terakhir adalah masalah jumlah barang. Kerennya lagi, anda juga dapat melihat stok, profit, audit, dan penjualan terbanyak serta laporan penjualan.

  1. Kasir Pintar

Tidak kalah menarik dengan sebelumnya, anda juga bisa menggunakan kasir pintar. Apabila anda ingin menggunakan aplikasi yang satu ini, maka bisa memiliki yang gratis atau berbayar dengan full version. Untuk versi geratis berbagai vitur berdasar pengmbangan sejarah akuntansi yang di tawarkan yaitu berkaitan dengan harga barang, pencatatan stok, dan juga scan barcode.

Dengan menggunakan versi gratis, anda juga bakal mendapatkan fitur back up otomatis. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi masalah serius, anda tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data. Tidak hanya itu, anda juga bakal memperoleh fitur pembuatan laporan, baik dalam range harian, bulanan, hingga kas.

  1. Moka Pos

Setelah mengintip sejarah ilmu akuntansi, maka di zaman sekarang ini anda juga bakal dimudahkan dengan adanya berbagai aplikasi untuk kasir. Dimana aplikasi ini adalah pengembangan dari ilmu akuntansi. Salah satu aplikasi yang paling terkenal adalah moka pos. dimana aplikasi ini banyak diminati masyarakat Indonesia.

Bila merujuk dari sejarah akuntansi, maka aplikasi mokapos ini sangat cocok untuk diterapkan untuk bisnis di bagian salon kecantikan, barber shop, ritel, restoran, spa, dan berbagai toko lainnya. hal ini karena aplikasi moka sangat mudah untuk digunakan. Bahkan kerennya pada aplikasi ini juga didukung berbagai fitur menarik, salah satunya moba back office.

Dari paparan lengkap di atas bisa ditarik kesimpulan. Bahwasannya sejarah ilmu akuntansi di mulai dari perjalan panjang dari Amerika Serikat hingga Indonesia. Sampai akhirnya suatu ketika muncul berbagai pengembangan ilmu akuntansi seperti persamaan dasar hingga Operating Leverage. Dan karena ilmu tersebut, maka output yang dihasilkan salah satunya adalah muncul app kasir untuk usaha.