Seni Menulis Indah Dengan Pena Yang Bisa Dipraktekkan Sendiri

Seni menulis dengan pena akhir-akhir ini memang tengah naik daun. Hal itu terbukti dengan banyak sekali anak muda yang mencoba untuk membuat hasil karya hand lettering, bahkan ada juga yang belajar untuk menjadi kreatornya.

Apa Itu Hand Lettering?

Hand lettering merupakan salah satu seni menggambar tulisan dan huruf menggunakan dasar-dasar dalam menulis. Kemudian nantinya akan digabungkan untuk dijadikan sebuah karya seni yang indah.

Di mana setiap huruf yang ada di dalam hand lettering ini mempunyai karakter berbeda-beda. Ditambah lagi jika font yang dibuat itu terlihat rumit dan unik pada saat dirangkai. Hal itulah yang termasuk salah satu tingkat kesulitan di dalam pembuatan lettering.

Meskipun demikian jika hal itu dilakukan secara rutin dan tekun mempelajarinya akan terasa lebih mudah. Di samping itu untuk mengasah skill tersebut bisa dilakukan dengan cara memperbanyak membaca baik buku, artikel, novel. Di mana untuk mendapatkan medianya itu  bisa dengan cara memesannya pada jasa penulis artikel.

Tips Membuat Tulisan Tangan Menggunakan Pena

Apabila tulisan tangan yang dibuat masih kurang menarik untuk para audiens, maka nantinya akan menyebabkan sungkar untuk dibaca orang lain. Maka alangkah baiknya untuk mengikuti beberapa langkah membuat lettering seperti di bawah ini.

  1. Menulis Satu Paragraf Setiap Hari

Sebagai seorang pemula sebaiknya menulis hal-hal yang ringan saja seperti lirik lagu favorit atau prolog cerita yang diperoleh dari buku kesukaan. Dalam hal ini apapun bentuk yang dipilih lakukan saja kegiatan menulis itu secara berulang-ulang dan rutin hingga setiap kata mudah terlihat lebih rapi. Dengan begitu bisa dibaca oleh audiens.

  1. Gunakan Kertas Bergaris

Sebelum memulai kegiatan ini pastikan terlebih dahulu bahwa garis-garis yang ada pada kertas itu tidak terlalu sempit. Dengan begitu nantinya hasilnya akan terlihat lebih jelas. Garis yang terdapat pada kertas itu juga sebagai panduan agar bisa menjaga ketinggian dan ukuran huruf dengan sempurna.

  1. Gunakan Pena Yang Bagus

Sebenarnya dalam melakukan kegiatan ini Anda dapat menggunakan pena jenis apapun. Namun yang paling terpenting yaitu harus memastikan bahwa tidak terlalu menekan ketika menulisnya. Apabila diperlukan bisa memilih pena khusus yang dapat membuat latihan menulis terasa lebih nyaman.

  1. Longgarkan Cengkraman Tangan

Banyak orang berpendapat bahwa dengan memegang erat pena nantinya dapat memberikan kontrol menulis yang lebih baik. Namun faktanya hal itu tidak sesuai dengan kenyataan. Di mana jika Anda memegangnya terlalu erat nantinya bisa menyebabkan tangan mudah merasa lelah, sehingga membuat hand lettering yang dihasilkan kurang maksimal.

  1. Belajar Membuat Upstrokes

Teknik dalam hand letterning yang wajib dikuasai oleh seorang pemula yaitu up storekes. Cara ini merupakan latihan untuk membuat garis dari bawah ke atas. Meskipun terdengar sangat mudah namun dalam prakteknya dibutuhkan konsentrasi. Pertama-tama ambillah selembar kertas putih kosong yang tebal, lalu ambil juga satu brush pena berukuran kecil. Setelah itu bikinlah garis memanjang dari bawah ke atas sebanyak-banyaknya.

  1. Belajar Membuat Downstrokes

Apabila sudah mahir dalam teknik upstrokes tahap selanjutnya yang harus dilakukan ketika membuat hand lettering adalah belajar downstrokes. Bagi seorang pemula silahkan terlebih dahulu untuk membuat garis memanjang dari arah atas ke bawah sebanyak mungkin agar tangan mulai terbiasa. Nantinya down strokes ini akan lebih tebal daripada upstorekes. Hal itu dikarenakan dalam pembuatannya perlu menekan brush dengan kuat.

meskipun hanya sekedar hobi namun jika kegiatan hand lettering ini dilakukan secara rutin dan sungguh-sungguh bisa menghasilkan karya seni yang memiliki nilai jual mahal. Bagaimana apakah Akan tertarik untuk mendalami seni menulis indah dengan pena ini?.