Apa Sih Definisi Teks Eksplanasi Itu? Ini Dia Penjelasannya!

Jika kamu pernah membaca berita mengenai proses terjadinya bencana alam yang ada di media cetak, kira-kira seperti itulah garis besar dari teks eksplanasi. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa teks eksplanasi sendiri memuat tentang poin-poin pertanyaan mengapa dan juga bagaimana proses tersebut bisa terjadi.

Baik itu menyangkut kejadian dalam kehidupan sosial, budaya, alam, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Jadi, apapun bentuk kejadiannya yang ada di lingkungan sekitarmu pastinya akan mempunyai hubungan sebab akibat dan juga proses.

Nah, teks eksplanasi tersebut mempunyai ciri-ciri tersendiri sehingga berbeda dengan yang lainnya. Salah satu ciri umum yang dimiliki dari teks eksplanasi ini tidak lain yaitu informasi yang disajikan berdasarkan fakta alias berbentuk faktual.

Di sisi lain, hal yang dibahas sendiri juga pastinya akan memuat suat fenomena yang bersifat keilmuan. Dengan kata lain, fenomena tersebut masih ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tadi bahwa teks eksplanasi tersebut bersifat informatif dan pastinya tidak persuasif. Dimana teks eksplanasi tersebut tidak akan berusaha mengajak para pembacanya untuk mempercayai apa yang dihabas itu tadi.

Terakhir, teks eksplanasi ini fokus pada hal-hal yang bersifat generik alias umum. Dimana bukan partisipan manusia yang ada dalam teks eksplanasi itu sendiri. Sebagai contoh, teks eksplanasi ini memuat kejadian mengenai gempa bumi, tanah longsor, banjir, tsunami, dan lain sebagainya.