Tips Membersihkan Lantai Rumah Agar Selalu Terlihat Mengkilap

Membersihkan lantai di rumah adalah kewajiban semua pemilik rumah. Tapi, agar hasil yang didapat ini maksimal maka ada beberapa hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Karena tak semua orang bisa mendapat hasil yang lebih optimal. Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan sesuai dengan jenis lantai yang dipakai. Karena tak semua orang memiliki lantai dengan jenis yang sama maka carq membersihkan juga tak sama. Untuk itu lah orang-orang perlu untuk memastikan bahwa mereka telah menyelesaikan dan mengikuti semua arahan agar hasil yang didapat jauh lebih optimal. Pemilihan pelayanan yang terbaik dan aman menjadikan pilihan dan peluang menguntungkan sehingga kualitas hasil yang didapat juga menyesuaikan dengan bagaimana mereka mengikuti langkah dengan baik.

Cara Membersihkan Lantai Sesuai Dengan Jenisnya

Terdapat beberapa jenis lantai yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Karena tiap orang memiliki kecenderungan yang tak terbatas maka mereka harus memastikan bahwa mereka melakukan bersih-bersih telah sesuai dengan jenis lantai yang mereka pilih. Ada beberapa jenis lantai yang memang harus menggunakan cara pembersihan khusus sehingga akan membuat lantai lebih mengkilap lagi. Yang paling gampang dilakukan adalah dengan menggunakan epoxy yang mana mereka menggunakan cat khusus lantai yang bisa dipakai untuk membuat permukaan lantai jadi makin mengkilap. Hal tersebut akan membuat rumah jadi lebih bagus pastinya. Dan akan memberikan kesan yang mendalam agar orang yang datang jadi lebih puas dan lebih betah untuk mendapat keleluasaan. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan lantai sesuai dengan Jenisnya :

  1. Keramik

Ini adalah salah satu bagian yang paling sering digunakan. Lantai keramik sendiri dipakai oleh semua kalangan sehingga mudah saja untuk menemukan lantai jenis ini di desa ataupun di kota-kota. Lantai keramik biasanya memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Mereka punya motif dan ukuran yang tidak sama. Karena sangat banyak variasi maka banyak pihak yang memilih untuk menggunakan keramik ini. Bahannya yang keras memberikan akses yang cukup mudah sebab mereka tahan terhadap air. Cara untuk membersihkan keramik ini juga tidak lah terlalu sulit. Menggunakan kain pel biasa serta memakai cairan pembersih lantai bisa jadi solusi. Naamun, agar pembersihan yang dilakukan ini bisa optimal maka banyak orang harus melihat ke dalam sela-sela keramik. Sela atau bagian yang tidak tertutup keramik biasanya harus lebih teliti dalam membersihkan. Karena jika tidak maka akan berpengaruh pada kondisi dan peluang mereka melakukan akses. Untuk itu lah banyak pihak yang harus lebih teliti lagi dalam menggunakan keramik ini. Pembersihan di sela-sela keramik akan membuat mereka lebih bersih dan tahan lama. Selain itu, jika ada retak atau kebocoran dan pecah bisa langsung teratasi.

  1. Parket

Lantai yang satu ini memang unik karena terbuat dari bahan kayu solid yang utuh. Bahan kayu yang alami ini di tata sedemikan rupa sehingga akan menghasilkan motif yang menawan hati. Parket ini sendiri adalah bahan kayu yang khusus dimana dia tidak boleh di pel basah. Hal tersebut akan membuat lapisan kayu mudah lapuk dan membuatnya cepat mengalami kerusakan. Parket solid dengan kayu yang khas bisa dibersihkan dengan cara disapu saja. Prosesnya lebih mudah walau perawatan yang dilakukan juga harus benar-benar hati-hati. Jika tidak maka mereka harus menanggung resiko akan terjadinya pelapukan yang memungkinkan lantai cepat mengalami kerusakan. Walau terlihat bagus akan tetapi penjagaan yang dilakukan juga harus maksimal. Dengan membersihkan secara berkala lantai parket ini akan tetap awet dan bisa terus digunakan tanpa harus khawatir jika nantinya mereka tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Supaya lebih maksimal maka gunakan penyedot debu dan juga cat khusus yang bisa dipakai untuk mengkilapkan bahan tersebut. Dengan bantuan cat pengkilap maka hasil yang didapat juga lebih optimal dan dapat dimanfaatkan dengan baik. Cat yang digunakan oleh bahan parket ini juga sesuai dengan kualitas yang jauh lebih maksimal.

  1. Granit

Jenis lantai yang juga sangat dominan digunakan adalah lantai granit. Lantai jenis ini memang punya warna yang sangat menawan sehingga akan membuat siapa saja yang melihatnya jadi menyukainya. Lantai granit ini tidak beda dengan lantai keramik tapi memiliki kisaran harga yang lebih mahal. Cara untuk membersihkan lantai ini juga tidak lah sulit. Cara yang dipakai hampir sama yaitu dengan menggunakan teknik menyapu dan mengepel. Cukup bersihkan lebih dulu lalu pel seperti biasa seperti Menggunakan keramik. Karena bahan ini cukup mudah dibersihkan maka saat melakukan pengepelan harus selalu dikeringkan. Caranya adalah dengan menggunakan kain dari bahan Micro fiber. Bahan ini yang bisa membantu untuk membuat bahan cepat kering. Granit ini juga bagus digunakan di dalam ataupun di luar rumah. Karena itu lah banyak yang menggunakan granit sebagai media mereka untuk melakukan pembuatan lantai yang menawan dan indah. Granit ini tetep jadi alternatif pilihan dengan cara pembersihan yang sederhana dan mudah.

  1. Marmer

Hampir sama dengan menggunakan granit, marmer juga bisa menjadi salah satu alternatif terbaik yang akan membantu untuk mendapat hasil yang maksimal. Lantai marmer memiliki harga yang cukup tinggi tapi kualitas yang diberikan juga tak main-main. Lantai jenis ini tidak memerlukan cara pembersihan khusus tapi tetap harus selalu berhati-hati. Agar tidak menggores permukaan marmer maka mereka harus memastikan jika kain yang digunakan ini adalah kain yang halus. Dengan begitu mereka tidak akan membuat goresan pada lantai. Goresan lantai pada marmer akan membuat keindahan yang mereka miliki jadi berkurang. Dan apabila ada noda di lantai marmer cara membersihkan juga sangat mudah. Yaitu dengan menggunakan baking soda yang dibuat pasta lalu dibersihkan di lantai yang kotor. Dengan begitu lantai marmer tetap akan terjaga keawetannya dan keindahan yang ada. Marmer adalah bagian yang tak terpisahkan dari banyak rumah di Indonesia. Lantai marmer akan membuat hunian jadi lebih indah dan menarik.

  1. Vinyl

Lantai jenis ini adalah jenis lantai yang juga cukup banyak dipakai oleh orang-orang. Lantai vynil ini sama dengan lantai jenis kayu yang tidak tahan terhadap air. Untuk membersihkan lantai ini cukup dengan menggunakan penyedot debu agar tidak terkena air. Dengan menggunakan bahan vinyl ini lantai terlihat lebih mengkilap dan lebih nyaman. Karena warnanya yang cantik bisa membuat banyak orang menyukainya. Vinyl sendiri juga menggunakan bahan yang mudah dibersihkan. Seperti lantai kayu solid yang tidak bisa dipel maka cukup disapu saja atau menggunakan penyedot debu supaya mereka tetap berkualitas dan nyaman dkgu yang. Bahan vinyl ini membantu lantai jadi lebih nyaman dan gampang dibersihkan.

Cara Memilih Lantai Rumah Yang Cocok

Memilih lantai atau jenis bahan yang akan dipakai untuk dasar memang penting. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pemilihan yang dilakukan ini sesuai dan dapat digunakan sesuai keinginan. Ada baiknya jika menggunakan jasa dari desain interior yang akan membantu untuk memberikan pilihan dan juga rekomendasi yang terbaik. Tiap lantai punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu lah juga harus memaksimalkan bagaimana proses untuk pemilihan supaya hasil yang didapat bisa lebih maksimal. Biasanya jasa desain interior ini akan memberikan beberapa paket dekorasi yang bisa digunakan. Mereka juga memiliki tema yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan. Setelah menentukan tema apa yang akan dipakai di dalam ruangan tersebut maka pilih lah jenis lantai yang akan digunakan. Karena lantainya dan jenisnya yang cukup banyak maka harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga tema yang dipakai dalam ruangan tersebut. Menyesuaikan adalah salah satu cara agar lantai dan dekorasi punya satu kesatuan yang matching. Beberapa rekomendasi jenis lantai seperti batu alam, keramik, vynil, kayu dan banyak lainnya. Lebar dan panjang ruangan juga penting. Karana hal tersebut mempengaruhi berapa jumlah lantai yang diperlukan. Ada baiknya itu memperhitungkan budget lebih dulu. Dengan budget ini maka akan tahu apakah cocok dan bisa menggunakan lantai yang dimaksud. Budget ini menyesuaikan pula dengan biaya pasang dan juga biaya perawatan yang dikeluarkan. Ada beberapa jenis batu seperti teraso yang memang memerlukan tenaga ahli dan tak bisa digunakan oleh beberapa orang. Itu lah yang membuat biaya jadi makin besar.

Bagi mereka yang punya biaya kecil bisa menggunakan media yang lebih gampang seperti keramik ataupun semen. Mereka tidak memerlukan biaya yang mahal dan mudah dalam hal perawatan. Untuk itu lah diperlukan berbagai faktor yang akan berpengaruh dan juga bisa jadi resiko jika tidak dilakukan dengan baik. Selain pemilihan jenis dan keuangan yang harus disesuaikan ada pula hal yang patut untuk diperhatikan. Salah satunya adalah cara pemasangan. Gunakan tukang atau orang yang sudah profesional. Mereka akan tahu bagaimana cara untuk meletakan lantai agar tidak mudah rembes ataupun bocor. Yang sering terjadi adalah lantai rumah yang bocor ini tak dapat dikendalikan oleh si pemilik karena pemasangan yang kurang tepat. Untuk itu lah perlu tukang yang sudah berpengalaman agar hasil maksimal. Dengan begitu saat selesai dilakukan pemasangan mereka akan lebih gampang dalam melakukan perawatan. Merawat lantai yang sudah dipasang dengan baik akan lebih maksimal. Lantai dengan bahan kayu, bahan marmer ataupun vynil punya cara yang berbeda untuk proses pembersihan. Karena itu bersihkan secara bersihkan secara berkala Menggunakan media khusus supaya lantai tidak cepat rusak. Juga jangan gunakan bahan pembersih yang bisa merusak lantai. Seperti pada kayu yang mana mereka tidak bisa menggunakan pel basah. Karena hal tersebut lah pemilik rumah harus tetap melihat kemungkinan apakah akan ada kendala jika saat proses pembersihan. Pertimbangkan berapa uang yang akan dipakai untuk jasa membersihkan lantai dan apakah bisa di handle secara rutin. Dengan melihat hal-hal tersebut maka lantai bisa dimaksimalkan dengan kemampuan pemilik tapi hasil tetap optimal. Dan rumah yang jadi impian bisa langsung digunakan dan ditempati. Kenyamanan keluarga serta rasa aman yang mereka miliki bisa didapat jika lantai bersih.