Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis Yang Tepat

Saat ini, dibandingkan memilih terlalu banyak warna cat dalam ruanganĀ  di dalam rumah, banyak orang sering cenderung lebih memilih sedikit warna, terutama warna yang paling sederhana. Karena kemampuannya yang mudah dikombinasikan dengan berbagai jenis dan warna furnitur yang akan ditempatkan didalamn rumah. Lantas bagaimana tips memilih warna cat rumah minimalis yang indah? Pada artikel kali ini, kami ingin berbagi tips memilih warna cat rumah minimalis yang tepat.

1. Apa itu Gaya Desain Minimalis?

Istilah gaya desain minimalis mengacu pada minimalisme. Dalam hal ini, gaya desain rumah minimalis artinya mendekorasi rumah dengan cara yang sederhana, lebih sedikit detail, dan meminimalkan furnitur yang digunakan.

Di Asia, Jepang dianggap sebagai penguasa gaya desain rumah modern satu ini. Kamu akan dengan mudah menemukan pengaruh desain minimalis di sebagian besar arsitektur kontemporer dan tradisional dari Jepang.

2. Syarat Mendesain Rumah Minimalis

Furnitur

Ciri khas rumah minimalis adalah selalu mengutamakan kesederhanaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, tata letak interior harus menciptakan pandangan luas dan lega karena ruang lapang adalah faktor terpenting dalam desain rumah minimalis. Kamu harus memilih furnitur yang didesain dengan sederhana dan rapi untuk menghemat ruang dan menciptakan kesejukan disetiap ruang.

Warna

Pada warna cat rumah minimalis sebaiknya menggunakan warna monokromatik seperti putih, hitam, warna netral atau warna dingin. Selain itu, Kamu masih bisa menggunakan kombinasi warna cat rumah interior yang berbeda tetapi tidak boleh menggunakan lebih dari 3 warna dala satu ruang. Perbandingan paling tepat untuk menkombinasikan warna adalah menggunakan rasio 60-30-10. Artinya 60% warna utama, 30% warna perantara dan 10% warna aksen.

Disarankan untuk membatasi penggunaan terlalu banyak warna panas untuk menghindari bentrokan warna antara furnitur dan warna ruangan.

Cahaya

Cahaya juga merupakan bagian yang harus diperhatikan secara signifikan dalam ruang ketika Kamu mendesain rumah dengan gaya minimalis ini. Sebab, inti dari filosofi Minimalisme adalah menyederhanakan sebanyak mungkin. Karena itu, Kamu harus memanfaatkan sumber cahaya alami di dalam ruangan dengan cara yang paling optimal.

Bahan

Bahan permukaan sebuah benda seperti kaca kayu, kain atau beton akan menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan di rumah minimalis. Selain itu, dinding atau benda dengan permukaan beton kasar, kayu dengan serat alami atau kaca transparan juga merupakan saran yang baik untuk digunakan di rumah minimalis.

3. Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis Yang Tepat

Untuk mengecat rumah menjadi tampak indah dan terkesan bergaya minimalis, sebaiknya kamu jangan memilih lebih dari tiga warna. Palet warna cat rumah bisa mencakup warna utama, warna aksen dan warna perantara seperti yang disebutkan di atas.

Dinding

Untuk warna cat rumah minimalis pada dinding, warna netral bisa digunakan sebagai warna utama akan menciptakan latar belakang dekorasi interior yang menonjolkan aksen penting. Warna cat putih akan menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan warna utama pada gaya desain rumah minimalis.

Dapur

Untuk warna cat rumah minimalis di dapur, inilah tempat untuk paling sering dikunjungi wanita di dalam rumah. Oleh karena itu, pemilihan warna yang tepat pada sudut dapur juga sangat penting untuk diperhatikan. Kamu bisa memilih warna cat rumah minimalis untuk dapur berwarna merah oranye untuk merangsang nafsu makan atau cat tembok berwarna kuning muda untuk menciptakan aksen dan kesegaran di ruangan dapur.

Kamar Tidur

Untuk warna cat rumah minimalis pada kamar tidur, sebaiknya pilih warna yang terang, dan kombinasikan material kayu terang, atau kayu gelap. Sehingga dengan kombinasi ini akan menciptakan perasaan rileks. Sebaiknya tidak menggunakan warna-warna panas seperti merah terang, kuning cerah karena warna ini mudah mengganggu tidur kamu.

Demikian saran-saran di atas tentang tips memilih warna cat rumah minimalis. Semoga artikel ini bisa membantu Kamu mendekorasi rumah Kamu dengan indah dan sesuai dengan keinginan. Tetapi jika masih bingung dalam memilih warna cat rumah minimalis yang terbaik adalah gunakan jasa desain rumah.