Lokasi dan Harga Tiket Wisata Lava Tour Merapi

Saat liburan ke Jogja, Lava Tour Merapi bisa menjadi pilihan destinasi yang tepat untuk plesiran.

Lava Tour Merapi sendiri merupakan  istilah untuk menyebut sebuah tur wisata  di kawasan yang terdampak erupsi Gunung Merapi Jogja pada tahun 2010 yang lalu.

Adapun tur yabg dimaksud yakni menggunakan mobil jeep, menyusuri ke beberapa titik yang terdampak erupsi pada beberapa waktu lalu.

Lokasi Lava Tour Merapi

Lokasi Lava Tour Merapi di Yogyakarta. Tepatnya di area lereng gunung merapi.  Termasuk di kawasan kali kuning, kaliurang dan Kaliadem Kecamatan Pakem dan Cangkringan, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Jarak lokasi lava tour merapi dan pusat kota Yogya cukup dekat. dari Jogja kota tinggam ke arah utara menuju kaliurang.

Tarif Paket Lava Tour Merapi

Tarif paket lava tour merapi sesuai jenis paketnya. Harga paket yang ditawarkan sudah termasuk tiket di sejumlah titik pemberhentian. Paket wisata ini dapat menampung rombongan. Jadi pas buat liburan bersama teman atau keluarga.

  • Medium Trip (4 Orang) durasi 2 jam harga Rp 450 ribu /Jeep.
  • Super Long Trip (4 Orang) durasi 3-3,5 Jam harga Rp 650 ribu /Jeep.
  • Sunrise Trip (4 Orang) durasi 3 jam harga Rp 450 ribu /Jeep.
  • Short Trip (4 Orang) durasi 1-1,5 jam harga Rp 350 ribu /Jeep.
  • Long Trip (4 Orang) durasi 2-2,5 jam harga Rp 550 ribu /Jeep.

Kendaraan yang Digunakan

Kendaraan yang digunakan untuk menjelajahi area wisata Lava Tour Merapi mobil jeep, land cruiser sudah dilengkapi sabuk pengaman dan helm.

Fasilitas Wisata Lava Tour Merapi

Jeep Hardtop, BBM , sudah termasuk gratis tiket destinasi Lava Tour Merapi, asuransi JR  guide, fotografer, teh hangat , masker gratis

Jam Operasional

Buka setiap hari dari pukul 04.30 – 18.00 WIB

Paket lava tour Merapi dimulai dari pagi dini hari sampai sore. Sementara untuk waktu paling tepat menyaksikan pemandangan di area wisata ini adalah saat musim kemarau.

Wisata Lava Tour Merapi buka setiap hari dan saat liburan selalu ramai dikunjungi.  Untuk diketahui, paket wisata Lava Tour Merapi ini menyesuaikan status dan situasi gunung merapi. Kalau status merapi aktif, maka biasanya tempat wisata ini akan ditutup hingga dinyatakan kembali aman untuk pengunjung.

Rute

Rute trek wisata tour lava merapi untuk lintasan mobil jip cukup memacu adrenalin. Jeep bakal melintas di trek berkerikil, bergelombang dan berkelok.

Pengunjung dibawa mendekati area gunung merapi. Jaraknya sekitar 2 KM. Disana panoramanya indah. Anda akan menyaksikan sungai lahar dan kawah yang berasap.

Tips Wisata Lava Tour Merapi

Pilih jenis mobil. Disini ada beberapa mobil yang disediakan yang bisa anda pilih. Diantaranya  Land Cruiser, Hardtop, atau Willys.

Pastikan memilih kendaraan dengan kondisi baik dan pemandu punya lisensi resmi asosiasi Lava Tour Merapi.

Pastikan mendapatkan fasilitas keamanan kendaraan seperti helm pengaman, masker pelindung.

Sebaiknya berkunjung saat musim kemarau sebab kondisi trek dan spot wisata akan lebih bagus dikunjungi saat kemarau.

Daya Tarik Wisata Tour Lava Travel

Daya tarik wisata tour lava merapi utamanya adalah pengunjung dapat mengunjungi spot spot bekas erupsi merapi dengan medan yang menantang dan lokasi keren yang sudah didesain sedemikian rupa oleh pihak pengelola.

Spot Wisata Lava Tour Merapi

Batu Alien, Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, Rumah Almarhum Mbah Maridjan dan The Lost World Castle.

Fasilitas

Beberapa Kendaraan jip berupa Land Rover, Land Cruiser, Willys, hingga Hardtop. Kebanyakan kendaraan ini dapat memuat sebanyak 4 orang dewasa.

Fasilitas umum di wisata Lava Tour Merapi cukup lengkap. Dari tempat parkir, toilet, dan masjid. Juga ada warung warung makan dan souvenir untuk oleh oleh.